Breaking News

Dinas Lingkungan Hidup KLU Gelar World Clean Up Day Indonesia (WCDI) di Empat Lokasi.

 


Lombok Urara,  (postkotantb.com) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara gelar World Clean Up Day Indonesia (WCDI) di empat dusun dan pantai Sedayu Lekok desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.   
 
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara, Drs. Rusdianto, M.Si., dalam penyampaiannya mengatakan, "Aksi sosial ini dinaungi dan digagas oleh organisasi independen Let’s Do It World yang berbasis di Estonia pada 2014 silam".
 
Sejak tergabungnya Indonesia dalam WCD yakni tahun 2018-2021, WCD Indonesia terus memimpin di posisi puncak berdasarkan jumlah keterlibatan relawan secara global.
 


Berkaitan dengan hal  di atas, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara mengadakan kegiatan World Cleanup Day Indonesia pada Hari Sabtu (17/9/2022) yang di pusatkan di empat (4) dusun yaitu, Dusun Lekok Selatan, Utara, Tenggara dan dusun  Lekok Timur sampai ke Pantai Sedayu Desa Gondang Kecamatan Gangga.  
 
Kegiatan yang di fasilitasi Dinas Lingkungan Hidup KLU ini melibatkan Kepala Desa, Kepala Dusun, Kecamatan, Kader Posyandu Puskesmas Gangga, Organisasi OPAL KLU, Pokdarwis dan para siswa siswi Madrasah dan masyarakat umum.
 
Tidak ketinggalan pula Bupati Lombok Utara, H.Djohan Syamsu, SH.,turut hadir memberikan saran dan motivasi kepada ratusan warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.Rusdianto  menghimbau masyarakat  secara bersama,sama membersihkan sampah mulai dari halaman rumah masing masing rangka meningkatkan kepedulian dan kolaborasi semua elemen masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah.  
 
Dalam peyampaiannya bahwa, World Cleanup Day Indonesia tahun ini diharapkan menjadi tempat untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah ditingkat yang paling rendah.  
 


Selain itu World Cleanup Day Indonesia tahun 2022, diharapkan menjadi langkah untuk bergerak, bekerja, produktif, berkolaborasi dengan masyarakat membangun pengelolaan sampah yang lebih baik melalui berbagai upaya.
 
Ia menambahkan,  "Aksi Clean up di lingkungan masing-masing ini sebagai tindaklanjut surat dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun tang


gal, 22 Agustus 2022, Nomor: S.518/PSLB3/PUS/PLB.2/8/2022 tentang dukungan pelaksanaan kegiatan World Cleanup Day Indonesia (WCDI) tahun 2022.
 
H.Djohan Syamsu dalam peyampaiannya menyebutkan World Cleanup Day Indonesi tahun 2022 adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.
 
Tahun ini World Cleanup Day Indonesia mengusung tema “Kami 13 Juta Relawan Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia yang akan dilaksanakan serentak 10 sampai dengan 25 September 2022.
 
Dengan di fasilitasi kantong plastik sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup KLU, peserta jalan santai diminta untuk dapat memungut sampah plastik atau kaleng yang mereka temui di halaman rumah masyarakat dan di perjalanan sampai menuju finish di pantai Sedayu Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga.
 

Pada kesempatan ini juga Dinas Lingkungan Hidup KLU merangkaikan kegiatan Bersih Pantai dengan penanaman puluhan pohon pelindung berupa Ketapang Kencana dan Palm Ekor Tupai berukuran tinggi kurang lebih 2 meter dengan jarak tanam 5 sampai dengan 7 meter di sepanjang jalan Pantai Sedayu dan kisaran kali secara sampai pinggiran Pantai Sedayu.  
 
Puluhan kantong Planterbak dibagikan cuma cuma kepada masyarakat sebagai tempat sampah sementara di angkut dengan mobil Dumptruk ke TPA Jugil. Usai kegiatan, Bupati melanjutkan perjalanan ke Senaru Bayan dalam rangka kegiatan Vestipal dan Fun bike. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close