Breaking News

Konsep Puskesmas Mujur, Jadikan Puskesmas Rumah Ke Dua Untuk Sehat (2)

 
Datang ke Puskesmas, Pasien dan Pengunjung Bisa Bawa Oleh Oleh

Ada hal yang menarik dan patut di tiru oleh Puskesmas lain, pasien dan pengunjung yang datang dan punya mental, bisa hubungi petugas untuk diminta dipetikkan rempah-rempah dan sayur mayur, sebab di pekarangan Puskesmas setempat sudah disediakan tinggal dipetik

SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH



UNIK
dan nyata, kreasi dan inovasi karyawan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mujur Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah.

Kreasi dan inovasi tersebut, ternyata tidak hanya di nikmati oleh karyawan setempat, namun bisa dinikmati oleh orang lain, baik itu pasien ataupun pengunjung pasien, termasuk masyarakat yang membutuhkan obat obat tradisional ataupun sayuran berbagi jenis.

Untuk mengakomodir dan menjaga kelestarian hasil inovasi karyawan Puskesmas Mujur tersebut, pihak Puskesmas Mujur, sudah menyiapkan petugas khusus. Di mana petugas tersebut siap membantu pasien, pengunjung ataupun masyarakat, yang berhajat mencari rempah rempah atau obat tradisional,  termasuk  sayuran-sayuran.

Kepala Puskesmas Mujur dr IGNB Wirra Parranata mengaku bangga dengan gagasan dan inovasi Ketua Program kesehatan tradisional Puskesmas Mujur Kecamatan Praya Timur Lalu Wirekarte.

Di mana perpaduan pengobatan dengan menggunakan pengobatan medis dan tradisional, sangat tepat sesuai dengan program Puskesmas Mujur 2022, yakni mengupayakan pencegahan dini agar masyarakat tak ada yang sakit.

"Obat tradisional telah membuktikan, masyarakat tempo dulu selalu menggunakan obat tradisional untuk berobat, kini di zaman modern kita coba padukan obat medis dengan tradisional, guna mengupayakan pencegahan dini agar masyarakat tak ada yang sakit," Terangnya, Rabu (21/9).

Untuk bahan baku obat tradisional, pihak Puskesmas Mujur telah menyediakan berbagai jenis bahan baku tersebut, jika masyarakat membutuhkan bisa langsung datang ke Puskesmas.

"Kita terbuka untuk siapapun, selama obat tersebut dibutuhkan, silahkan langsung datang petik di Puskesmas dan kita juga sudah siapkan petugas khusus yang akan membantu masyarakat," Paparnya.

Bukan hanya itu saja lanjutnya, sayur mayur, cabe tomat dan yang lainnnya, juga sudah ada di Puskesmas, jika ada masyarakat yang butuh juga bisa menghubungi petugas, nanti mereka ikut memandu. "Hasil inovasi karyawan kami, dihajatkan untuk masyarakat banyak," Cetusnya.

Dikatakan, adapun manfaat obat tradisional yang terbuat dari rempah rempah diantaranya, mampu menurunkan kadar gula darah, bagi penyandang diabetes, keberadaan beberapa jenis rempah bisa menjadi solusi alternatif untuk menurunkan kadar gula darah.

"Rempah kunyit dapat membantu mengontrol kadar gula tinggi. Pasalnya, rempah yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-aterosklerotik, dan penurunan berat badan," Jelasnya.

Selanjutnya kayu manis, jahe, dan
daun kari khasiatnya dapat melawan peradangan dan untuk jahe sendiri mengandung lebih dari 100 senyawa aktif, seperti gingerol, shogaol, dan zingiberene. Senyawa tersebut kemungkinan besar dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

Mengatasi penyakit mual ada bawang putih, kunyit, kapulaga, lada hitam,
ginseng, rosemary dan peppermint.

Memelihara kesehatan jantung
Jantung merupakan organ yang berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila organ ini bermasalah, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan semua ada di Puskesmas.

Meredakan rasa sakit ada rempah cabai dapat mengendalikan rasa sakit ringan hingga sedang yang dibuktikan melalui British journal of anaesthesia.

Di samping cabai, rempah lainnya yang berkhasiat dalam meredakan rasa sakit termasuk jahe dan kunyit.

Selain itu lanjutnya, rempah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, artinya rempah ternyata tak hanya menambah aroma masakan, seperti  daun kemangi suci (tulsi), termasuk
akar astragalus, akar angelica, dan
jahe.

Dan terakhir, Mencegah alergi dan hidung tersumbat, Banyak gejala alergi yang berasal dari masalah peradangan, mulai dari hidung tersumbat hingga iritasi pada mata dan tenggorokan. Jahe terbukti mengandung antioksidan, senyawa fitokimia anti-peradangan yang mungkin bermanfaat dalam mengobati alergi secara alami. (Bersambung)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close