Breaking News

8 Pejabat Eselon II Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Hari Ini Dilantik Bupati

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah resmi melantik dan mengambil sumpah 8 Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Selasa pagi (29/11). Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut,  Wakil Bupati Sumbawa, anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.  

Acara Pelantikan yang berlangsung di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa ini, berdasarkan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-3369/JP.00.00/09/2022 tanggal 26 September 2022 perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-4108/JP.00.01/11/2002 tanggal 21 November 2022 perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi dalam rangka Mutasi/Rotasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Pelantikan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 1217 Tahun 2022 Tanggal 28 November 2022 tentang Pemberhentian, Pengangkatan dan Pemindahan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Adapun pejabat yang dilantik yaitu, Abdul Haris, S.Sos sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumbawa, yang bertukar posisi dengan H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si yang dimutasi menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Sumbawa, kemudian Drs. Zainal Abidin sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sumbawa menggantikan Drs. Abdul Aziz, M.Si yang dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan.  Riki Trisnadi, SE., M.Si sebelumnya menjabat Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Kab. Sumbawa dimutasi menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Sumbawa, dan jabatan yang ditinggalkannya saat ini masih dalam keadaan lowong.


Kemudian berdasarkan Hasil Akhir Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa tanggal 21 September 2022, telah ditetapkan 3 nama yang mengisi JPT Pratama, yaitu E.S. Adi Nusantara, S.Sos., MT sebagai Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Sumbawa, Didi Hermansyah, SE sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Sumbawa, dan Rahmat Hidayat, S.Pi., MT sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sumbawa.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa menegaskan bahwa seluruh pejabat yang dilantik merupakan ASN terpilih, yang dinilai dari berbagai aspek,  terutama aspek kompetensi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab dalam jabatan yang diamanahkan.

“ASN yang dilantik pada hari ini semata-mata dinilai dari faktor kompetensi dan profesionalitas, bukan karena faktor kedekatan atau hal-hal lain yang bersifat subjektif”, tegasnya. Hal ini lanjut Bupati, merupakan perwujudan dari “Merit System” yang merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

Bupati menyebutkan, terkait “Merit System” ini, dari 534 Kab/Kota di Indonesia, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu dari 24 Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB atas keberhasilannya mengimplementasikan merit system dengan baik dalam pemerintahan.

Di akhir sambutannya, Bupati menyampaikan progres pembangunan Bendungan Beringin Sila yang telah dilaksanakan sejak bulan Januari tahun 2019 lalu, dengan menelan anggaran sekitar 1,7 trilyun rupiah, saat ini pembangunannya telah hampir rampung.

“Insya Allah kalau tidak ada rintangan rencananya akan diresmikan langsung oleh presiden Joko Widodo pada  tanggal 22 Desember 2022 mendatang”, tutup Bupati. (Ari)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close