Breaking News

Begini Bentuk Eksistensi MAS Melalui Sangkep Beleq V 2022

 


Mataram, (postkotantb.com)- Mengusung tema " Peririq Bale Langgak, Jagak Gubuq Gempeng, Bine Dese Darat Gumi Paer Sasak " pada gelaran SANGKEP BELEQ V Tahun 2022 yang akan dilaksanakan 17-18 Desember mendatang di Kantor BPSDM Provinsi NTB. Lembaga Masyarakat Adat Sasak (MAS) ingin tunjukkan eksistensi ke publik sebagai wadah organisatoris yang konsisten berlaku representatif.

Saat konferensi pers dihadapan awak media, sabtu (26/11/22) di kediamannya, Drs. HL. Azhar selaku pemban MAS menyampaikan, Sangkep Beleq V sekaligus dihajatkan jadi sarana merevitalisasi adat agar dapat membawa kemajuan.

" Dulu adat itu dominan bersifat ekslusif, sekarang lebih inklusif, " tuturnya.

Bicara adat, lebih jauh beliau memaparkan, adat sama halnya kehidupan bernegara, ada unsur ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, sampai mengatur tata kelola keamanan di Desa. Mencakup keseluruhan sendi kehidupan.

" Arus internasional yang deras ke Lombok khususnya, NTB umumnya dewasa ini harus jadi kesempatan perkenalkan adat kita ke mata Dunia, bahwa falsafah kehidupan kita turut dapat dijadikan solusi permasalahan masyarakat lokal, nasional, bahkan global, " terangnya.

Hal demikian dirasa tidak berlebihan, karena dikuatkan dalam kerangka hukum di Indonesia. Dengan mengacu pada pasal 188 ayat (2) UUD 1945, menjadi landasan konstitusional masyarakat adat yang menyatakan pengakuan secara deklaratif bahwa Negara mengakui dan menghormati keberadaan dan hak-hak masyarakat hukum adat.

Dimana dalam aktualisasinya, dijelaskan, hukum adat berbasis local culture yang mencakup konsep dan teori terhadap Government dan Governance. Terbukti telah mampu hadir sebagai pengatur, pembina, pelindung dan pengendali sesuai ketentuan ditetapkan. Menyelesaikan persoalan publik dan berhasil dilaksanakan diberbagai Daerah dibanding praktik sistem institusi modern model barat.

Sehingga, seiring waktu berjalan, keberadaan MAS, lugas Miq Azhar turut menunjang penyelenggaraan pemerintahan, kemasyarakatan, pembangunan Daerah dan bahkan Nasional.

Adapun tujuan Sangkep Beleq V antara lain : 1, Perkuat peran strategis kelembagaan MAS atas kesepakatan berasama untuk dilaksanakan secara tanggung jawab dan berkelanjutan. 2, Perkuat koordinasi, konsolidasi, dan soliditas kelembagaan MAS  sebagai representasi penguatan masyarakat adat sasak. 3, Perkuat semangat visi dan gerakan MAS untuk menanamkan semangat Ke-Sasak-an menuju masyarakat adat sasak yang bersatu, berwibawa dan berdaulat.

Sementara, rangkaian item kegiatan meliputi salah duanya yakni deklarasi piagam sasak dan pemberian penghargaan.

Diketahui,sangkep beleq dirintis sejak tahun 1981 silam dan bergulir setiap 5 tahun sekali. Kali ini, sangkep beleq V diketuai oleh Dr.HL.Sajim Sastrawan, SH.,MH. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close