Breaking News

Deteksi Tuberkulosis, LPP Mataram Gandeng Puskesmas Gelar Skrining Warga Binaan

Dok. HUMAS LPP Mataram.

Mataram (postkotantb.com)- Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Mataram, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTB, bersama pihak Puskesmas Mataram, kembali menggelar Skrining Tuberkulosis (TB), Jumat (25/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Klinik LPP Mataram ini, diikuti sebanyak 157 warga binaan dan akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 26 November 2022 mendatang.

Kepala LPP Mataram, Dewi Andriani, di sela-sela kesibukannya, mengaku, bahwa skrining TB, merupakan kegiatan rutin tahunan.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kerja sama antara Lapas Perempuan dengan Puskesmas Mataram," ungkap Dewi.

Dijelaskan Dewi, bahwa kegiatan skrining ini dalam rangka deteksi dini penyebaran virus TB. Di mana selama tiga hari ke depan, warga binaan lapas ini akan diskrining melalui beberapa tahapan. Diantaranya registrasi awal.

Saat itu, warga binaan akan diberikan pertanyaan terkait indikasi penyebaran virus dan gejala TB, hingga ke tahap pemeriksaan sampel dahak, jika terindikasi suspec TB.

Dewi pun berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi bahan edukasi agar warga binaan sedini mungkin dapat terhindar dari penyakit flek paru-paru ini. "Kami berharap, skrining ini bisa mencegah penyebaran penyakit TB di lapas kami," harapnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close