Breaking News

Ketua DPRD Hadiri Maulid Nabi di Masjid Al Ihsan Samapuin, Momentum Perkuat Energi meneladani Nabi

 



Abdul Rafiq.SH Ketua DPRR Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, (postkotantb.com) -
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-ikhsan Kelurahan Samapuin Ahad pagi (13/11/22) berlangsung Khidmat.Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Sumbawa Bidang Sumberdaya Aparatur dan Sosial kemasyarakatan Drs. Lalu Zainal Abidin  mewakili Bupati Sumbawa, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Achmad Fachri SH,Perwakilan Camat Sumbawa, Lurah Samapuin Ditha  Frisqy S.IP, Babinsa dan bhabinkamtibmas Kelurahan Samapuin beserta tokoh agama dan masyarakat.
Dalam Sambutannya Ketua DPRD menyampaikan penghormatan kepada segenap Tamu dan hadirin. "Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh hadirin, sehingga kita dapat bersilaturahmi pada acara yang luar biasa ini, dan telah kita dengar pencerahan dari Ustadz Ahmad Arifin LC beberapa pesan dan hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW." ucap Rafiq

Kemudian lanjutnya, Saya Bangga dapat hadir bersilaturahmi dengan para tokoh agama dan masyarakat setempat semoga acara yang luar biasa ini tetap berlanjut,hal penting yang harus diperhatikan adalah  kegiatan ini jangan sekedar formalitas saja, apakah energi yang ingin kita ambil? Ini adalah momentum  untuk evaluasi buat kita semua, adakah nilai  moral yang kita dapatkan. Ketika kita bangga dengan Nabi Muhammad Saw, maka harus muncul kebanggan itu dalam diri kita semua.  Kita peringati kelahiran beliau, kita tentu berharap minimal ada satu dalam karakter beliau yang kita ikuti. Insya Allah kebanggan itu berbanding lurus dengan pesan Nabi Ucap Rafiq yang juga ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa itu.

Sekarang era digital yang dikenal juga dengan  Revolusi 4.0 ruang digital, itu sudah penuh dengan segala macam informasi,bukan hanya setiap hari tapi setiap detik, kalau kita tidak bisa sharing maka dampaknya akan terjadi degradasi moral.Upaya untuk memproteksi keimanan kita  adalah menempuh jalan yang telah ditunjukkan Nabi,  menanamkan apa yang ada dalam Sunnah Baginda nabi. Urai Rafiq Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini.

Sekarang,ujarnya, kita prihatin banyak kasus  kejahatan yang terjadi, yang baru saja terjadi semalam adalah kasus pembacokan pemuda hingga sampai tewas terbunuh, Kenapa  hal terjadi ? Bisa disebabkan karena lepas kontrol diri, terbakar nafsu dendam kedengkian dan sebagainya.pelaku tidak bisa mengerem pengaruh informasi digital.

Oleh karenanya,kata Rafiq, sekarang ini kita sering memantapkan pendidikan, namun masih Jarang kita memantapkan Tauhid,Sesungguhnya Ketauhidan ini sangat Fundamental untuk diperkuat karena Tauhid dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. Inilah yang perlu kita laksanakan di Kabupaten Sumbawa. 

"Tidak hanya fisik infrastruktur tapi juga meningkatkan Tauhid dengan menerapkan nilai keteladan dan sunnah Nabi.  Semoga Pengurus dan jamaah Masjid Al-Ikhsan senantiasa Istiqomah dalam mengajak Ummat pada kebaikan dan membawa dampak positif bagi kita semuanya."Pungkas Rafiq.


Diawal acara, Ketua Panitia yang juga  Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa
Achmad Fahri SH menyambut kedatangan hadirin

"Terimakasih atas kehadiran  hadirin jamaah dan tamu undangan, kita harapkan acara ini bukan seremonial saja tapi menjadi  ruang dalam mensiarkan Islam dan pesan moral  untuk kita ambil,kita dapat menjadikan  keteladanan  Nabi dan dikuti semua risalahnya sehingga mendapatkan syafaat di hati akhirat" ucap Fachri

Dalam kesempatan tersebut  Ustadz H Ahmad Arifin LC menyampaikan Hikmah Maulid  bahwa kali ini momentum menyegarkan kembali ingatan dan kecintaan serta kerinduan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Beliaulah panutan terbaik, rule model. Contoh hidup yang benar-benar menjadi contoh terbaik dalam menjalani kehidupan sebagai Khalifatullah" Urai H Arifin.

Kemudian lanjutnya, Sabda Nabi, Orang yang paling dekat tempat duduknya denganku  kelak di surga Allah adalah, mereka yang paling banyak bersalawat.Kalau kita menelusuri, beliau adalah pribadi yang paling sempurna yang terkait dengan pesan fikliyah/perbuatan beliau semuanya sangat menakjubkan. Bahkan pemilik semesta telah memberikan pujian kepada Nabi kita

" Sungguh engkau Muhammad SAW memiliki akhlak yang terpuji" Allah yang memuji maka ini benar-benar  sesuai dengan realita yang ada pada diri Nabi, bulan basa basi" Tegas Ustadz Ifin akrab disapa.

Bahkan Allah  memerintahkan kita menjadikan  Nabi teladan.
Laqodkanalakum firasulillahi Uswatun Hasanah,  Telah ada figur terbaik apapun yang ingin kita teladani dari Nabi semuanya Ada. Jelas H. Ipin.

Termasuk hal yang terkait dengan tanggung jawab sebagai pemimpin, muamalah, rumah tangga telah ada pada diri Rasulullah. Diantara akhlak rasul yaitu ketika baru mendapat Wahyu pertama di Gua Hiro , Rasulullah sangat ketakutan pada saat itu. Karena Djibril datang dalam keadaan Diam. Mendekap nabi dari belakang. Disuruh membaca surat Al alaq Lima ayat pertama.

Setelah selesai membaca Djibril menghilang. Dan beliau ketakutan gemetar. Kembali ke rumah istrinya Khadijah.

"Dzammiluni, selimuti aku. Kemudian diselimuti sampai dengan tenang.
Wahai istriku saya khawatir ada orang yang berbuat celaka kepadaku.

Dikatakan oleh istrinya" wahai Muhammad, sekali kali Tuhanmu tidak akan mencelakakanmu karena engkau memiliki akhlak yang mulia. Pertama Engkau sangat gemar menyambung tali silaturahmi., " maka ketika hadirin datang sedang mengamalkan akhlak dari nabi Muhammad. Menyambung tali silaturahmi dapat  melapangkan Rizqi. memperpanjan umur kita. Insya Allah semakin luas Rizqi, Umur yang pendek bisa panjang. Bertambah manfaatnya berkah umurnya" Terang Ustadz Arifin.

Akhlak nabi yang kedua adalah selalu merasakan penderitaan orang lain. Nabi sangat perhatian bagi orang lain
Rasulullah gemar memperhatikan orang miskin, orang susah dan semoga akhlak ini dimiliki pemimpin kita hari ini dan yang akan datang Ungkap H.Ipin


Karakter yang ketiga Engkau selalu memberikan makan fakir miskin. Ini adalah karakter selalu berusaha membantu beban hidup orang susah. Karakter keempat sangat tegas membela kebenaran. Tidak pernah membela kebatilan. Yang dibela adalah yang benar.

Kalau istri memuji Suami ini luar biasa. Artinya Suami sukses dalam rumah tangga. Kebanyak orang diluar sukses tapi  tidak sukses di dalam Rumah tangganha.
"Kita berharap pemimpin hari ini sukses dalam Rumah tangga.

Hikmah Yang kedua adalah. Ketika tiba di Madinah. Pesan yg pertama didengar sahabat adalah wahai manusia sebarkan salam, sampaikan pesan- pesan Nabi, bahwa islam adalah agama  Perdamaian.

Mari kita hadirkan Islam ya.g damai dan menyejukkan. Jangan sampai kita melihat islam seakan- akan ajaran terorisme.  Abdullah Ibnu salam adalah  Pemuka Yahudi yang pertama yang mendengar Pesan ini sehingga dia memeluk Islam. Jika ada yang mengatakan Islam agama teror , itu terbantahkan. Kita implementasikan dengan cara  setiap kali berjumpa dengan teman sahabat awali dengan salam.

Pesan kedua adalah berbagilah makanan, gemar berbagi . Sekarang ini banyak yang ego. Hanya untuk dirinya sendiri. Berbagilah dengan sesama. Terutama untuk tetangganya
Ada orang kaya di samping rumahnya miskin maka yang kaya menyayangi yang miskin.

Hikmah ketiga adalah Jangan kelupa sholat. karena itu adalah inti ajaran agama.  Kita berharap ini kita amalkan dan memakmurkan masjid. Prioritas nabi dimadinah adalah 15 Hari membangun masjid.  Masjid Quba, Kedua Masjid Nabawi dan  Memakmurkannya. Sekarang ini ada Program Magrib mengaji adalah sangat bagus. Mempersaudarakan Muhajirin dan Anshar. Maka mari jaga persatuan kita dan persaudaraan. Jangan tidak saling sapa. Silaturahmi dijaga. Ibarat satu tubuh. Satu sakit yang lain merasakan sakit.

hikmah terakhir kata H.Ipin Memperkuat ekonomi ummat. Masjid bagai madrasah, maka perkuat segi ekonomi ummat. Tentunya dengan ini memperbaiki akhlak pelakunya, hindari riba dan Inilah akhlak nabi" Tutup Ustadz Arifin.

Di akhir acara Drs Lalu Zainal Abidin menyampaikan Sambutan Bupati Sumbawa bahwa Bershalawat kepada Nabi adalah bentuk ketaatan kepada Allah semoga kita mendapatkan syafaatnya.  Kita menyambut gembira Kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi  yang membawa keselamatan dan kebahagiaan bagi ummat manusia di dunia dan akhirat, yang Membawa ummat keperadaban  dan akhlak mulia serta menjadi rahmatan Lil alamin Urainya.

Iman bisa bertambah dan berkurang. Dengan kecintaan kepada Nabi Muhammad merupakan keniscayaan dari keimanan. Inilah sejatinya berkeadaban dalam visi Sumbawa Gemilang yang berkeadaban. Memegang teguh nilai agama dengan budaya. Selaras dengan falsafah tau samawa. Kami berharap tidak hanya ungkapan tapi harus terimplementasi secara nyatanya. Melalui penguatan karakter dengan menanamkan nilai budi pekerti kepada anak agar mereka mampu memberikan keputusan dan mewujudkan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan penghargaan kepada segenap masyarakat yang menjaga kekompakan sehingga program pembangunan berjalan baik dan diakui di tingkat nasional. Demikian pula Bupati menyampaikan himbauan agar waspada terhadap bencana banjir, longsor dan penyakit menular. "Tingkatkan kewaspadaan, bersungguh-sungguh dalam berdoa dan ikhtiar agar dijauhkan dari bencana dan diberikan keberkahan
Tutup Bupati. (Ari/Lalu)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close