Breaking News

Bupati Hadiri Pengajian Bulanan di Masjid Agung Al-Mujahiddin

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menghadiri pengajian rutin, Jumat (16/12). Selain Bupati, nampak Sekda dan pimpinan OPD hadir di antara pegawai lingkup Kabupaten Lombok Timur hadir pada pengajian yang bertempat di Masjid Agung Al-Mujahiddin, Selong itu.

Ketua MUI Lombok Timur, TGH Ishak Abdul Ghani membuka pengajian bulanan tersebut dengan hikmah menuntut ilmu, termasuk hadir di majelis ilmu seperti yang tengah berlangsung saat itu. Para penuntut ilmu, kata TGH Ishak, diberikan kemudahan oleh Allah SWT menuju Surga. Bahkan, seluruh makhluk Allah beristighfar bagi para penuntut ilmu.

Para penuntut ilmu, tambahnya, juga mendapatkan pahala yang senilai dengan mengerjakan ibadah haji secara sempurna. Karena itu bagi manusia yang menuntut ilmu sampai meninggal dunia dijanjikan diangkat satu derajat di bawah para nabi dan rasul Allah SWT.

Mendekati penghujung 2022, dalam pengajiannya TGH Ishak mengingatkan untuk selalu mensyukuri prestasi yang sudah diraih di tahun ini dan mempersiapkan tahun 2023 mendatang. Ia menggarisbawahi rasa syukur atas apa yang diperoleh atau yang disebut sebagai qanaah atau puas atas apa yang telah diraih.


Disadari ya pula bahwa sifat umum manusia adalah tidak pernah puas atau berhenti dari harapan dunianya. Ia menyitir sebuah hadis yang artinya “Seandainya anak adam diberikan Allah SWT dua buah lembah dari emas, niscaya Ia menginginkan lembah yang ketiga dari emas”.

"Padahal Allah sesungguhnya menurunkan harta kepada manusia untuk beribadah dan berzakat. Karena itu sudah seharusnya kita beryukur dan merasa puas atas apa yang diberikan Allah," tutur TGH Ishak.

TGH Ishak juga mengingatkan bahwa ketika hidup hanya mengejar dunia maka sesungguhnya manusia sudah berbuat tidak adil kepada dirinya. Ia juga menjelaskan lebih jauh pentingnya bersikap adil, termasuk dalam menjalankan amanah seperti jabatan.

Selain rasa syukur, Ia juga mengingatkan agar senantiasa mencintai manusia yang lain sebagaimana mencintai diri sendiri. Terlebih kepada umat muslim. Seiring diingatkan pula agar tidak memiliki sifat hasad atau iri dengki.

"Hasad itu dapat mendatangkan kesusahan, sehingga harus dibuang jauh," pesannya.

Terakhir, setelah puas dengan hasil yang diperoleh tahun 2022 ini, jelang tahun 2023 ia mengingatkan untuk memasukinya dengan ahlak yang baik, serta iman dan takwa kepada Allah SWT. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close