Breaking News

Jelang Perayaan Nataru,Polres Lotara Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Rinjani 2022.

 


Lombok Utara, (postkotantb.com)  - Dalam rangka menyambut  perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023  Polres Lombok Utara melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Rinjani Tahun 2022 di Lapangan Apel Mapolres setempat Kamis (22/12/2022. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta, SIK., MH .

Kapolres AKBP I Wayan Sudarmanta SIK MH dalam amanat Kapolri menyampaikan Puji syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, kita masih diberikan kesehatan, serta kekuatan untuk menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022

"saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada seluruh pihak yang telah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022" ujar Kapolri

Masih amanat Kapolri, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

"Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan aman dan kondusif" harap orang nomor satu di jajaran Bhayangkara Indonesia ini.


Ditambahkannya lagi, seperti diketahui bersama bahwa laju
pertumbuhan tak  terkendali, pelonggaran
Covid-19 sehingga pemerintah Indonesia sudah  memberikan kebebasan terhadap aktivitas masyarakat.

"Termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1" tandasnya.

Disampaikan juga oleh Sudarmanta, momentum Nataru ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

"Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang yang akan melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini" imbuh Kapolres dalam amanat yang dibacakan.

Ditegaskan oleh Kapolri, oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, dan Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait,  menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari.

"Mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD ( Kegiatan RutinbYang Ditingkatkan) mulai tanggal, 3 Januari s.d. 9 Januari 2023" terangnya.


Disampaikan juga olehnya, Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu. Guna mengamankan 52.636 objek pengamanan. Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam
rangka mengamankan
kegiatan Nataru,

'Agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Bapak  Presiden Joko Widodo bahwa, “Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa aman dan  nyaman ” Kapolri berpesan.

Selain itu Kapolri juga menekankan kepada seluruh personel pengamanan, Ia berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.

"Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Tanamkanlah dalam diri, bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara, serta merupakan bagian dari ibadah itu sendiri.
Terakhir, sebelum menutup amanat, saya ingin mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023” ujar Kapolri dalam amanatnya.

Kapolri juga berharap, Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

"Demikian amanat saya, selamat bertugas dan semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, serta perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, Bangsa dan Negara" tutup jenderal bintang empat ini.

Di lain sisi usai pelaksanaan apel gelar pasukan Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta SIK MH saat di konfirmasi media megatakan khusus Polres Lombok Utara yang akan menjadi atensi dalam pengamanan Natal dan tahun baru ini adalah daerah - daerah di 5 (lima) Kecamatan namun yang akan di prediksi padat adalah di Kecamatan Pemenang.

"Khususnya didaerah pesisir pantai karena wisata pantai yang mana tahun baru kali ini adalah malam minggu dan tanggal satunya adalah hari minggu  oleh karena itu akan terjadi peningkatan pengunjung ke tempat - tempat obyek wisata yanh bernuansa pantai" ujar Pamen berpangkat melati dua dipundak ini.

Masih kata Kapolres, situasi keamanan di Lombok Utara sangat kondusif ini juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat KLU  yang dimana dirinya nilai masyarakat Lombok utara ini adalah masyarakat yang paham hukum dan sadar hukum serta memiliki pemikiran bahwa mereka ingin mentaati hukum yang berlaku sehingga tidak ada terjadi gangguan kamtibmas signifikan.

" Sebanyak 40 personil yang diturunkan dalam kegiatan pengamanan mejelang Nataru ini Polres Lombok Utara , dengan  membuat pos pengamanan dan pos pelayanan yang bertempat di Pos pelayanan di pelabuhan Bangsal dan pos pengamanan di simpang empat Pemenang" pungkas Sudarmanta.


Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta SIK M.H, Wabup Lombok Utara Dany Karter Febrianto ST M Eng, Kalak BPBD KLU Zaldi Rahardian ST, Kadishub KLU, Pabung Kodim 1606 Mataram, Dandi Brimob Kompi A Pelopor, Kapolsek Jajaran Polres Lombok Utara.

Adapun susunan pasukan dalam apel gelar pasukan diantaranya 1 peleton pasukan Perwira Polres Lombok Utara, 1 peleton pasukan TNI, 1 Peleton pasukan Brimob kompi A pelopor, 1 peleton gabungan staf Polres Lombok Utara,1 peleton pasukan Polairud Polres Lombok Utara, 1 peleton pasukan  Sat Samapta Polres Lombok Utara , 1 peleton pasukan Sat Lantas Polres Lombok Utara, 1 peleton gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba Polres Lombok Utara, 1 peleton pasukan Dishub KLU, 1 peleton pasukan BNPB KLU. tutup Kapolres Lombok Utara. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close