Breaking News

Kembalikan Senyum Anak-Anak NTB, Pemprov NTB Gelar Baksos Bibir Sumbing

 


Mataram,  (postkotantb.com) – Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah menyaksikan secara langsung operasi bakti sosial bibir sumbing dan facial cleft di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (24/01/2023).

“Saya mengapresiasi kegiatan yang digelar saat ini. Alhamdulillah, anak-anak kita mendapatkan bantuan operasi bibir sumbing dan facial cleft secara gratis. Bakti sosial ini merupakan salah satu ikhtiar Pemprov NTB untuk mengembalikan senyum anak-anak kita di Nusa Tenggara Barat,” ujar Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub NTB.

Wagub berpesan agar pihak yang berkompeten yakni rumah sakit dan yayasan agar mulai menginventarisir para penderita bibir sumbing terutama balita dengan menyasar dari Puskesmas dan Posyandu. Ia berharap, kegiatan operasi ini akan menjadi rujukan tindakan untuk Indonesia Timur.

Direktur RSUD NTB, Dr. L. Herman Mahaputra mengatakan, kegiatan ini didanai oleh Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit Langit (YPPCBL) sebuah lembaga non profit yang bekerjasama dengan RSUP NTB.

“Semoga dengan kegiatan ini makin banyak pemderita yang terbantu karena rata rata mereka adalah warga masyarakat miskin”, kata dr Jack panggilan akrab Direktir RSUP NTB ini. Kegiatan kali ini melibatkan 35 penderita dari berbagai usia dan yang terkecil usia tiga bulan. Awalnya ada 40 orang dan sisanya tidak lolos screening untuk layak operasi,” tambahnya.

Seperti diketahui kegiatan ini merupakan hari kedua pelaksanaan Baksos pra operasi rekonstruksi celah bibir dan langit-langit untuk balita dengan kelainan lahir bibir sumbing yang diharapkan dapat membantu masa depan para penderita melalui program Cipta Senyum Untuk Anak NTB.

Kegiatan ini sendiri di dukung pula oleh NTB Care, FKPPI dan tim dokter Bedah Mulut dan Maxilofacial SMF FKG Unpad / YPPCBL Bandung berkolaborasi dengan SMF Bedah Mulut RSUD Provinsi NTB. Dan kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan HUT NTB ke 64.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kominfotik, Dr Najamudin Amy dan Kepala Dinas Kesehatan, dr HL. Hamzi Fikri. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close