Breaking News

Semarak Upacara Peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-64, Bupati Paparkan Prestasi dan Program Unggulan

 


Bupati Sumbawa H.Mahmud Abdullah


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke-64 Tahun 2023 berjalan penuh hikmad. Upacara kali ini dihadiri langsung Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah, Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, Sultan Muhammad Kaharuddin IV, dan sejumlah gaku undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, hari ini seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumbawa dengan penuh sukacita merayakan hari lahir daerah tercinta.


"Perayaan ini adalah bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang dilimpahkan kepada bumi Sabalong Samawa beserta seluruh warga masyarakat yang mendiaminya," ujar Bupati.

HUT ke-64 tahun ini mengambil tema "Bangkit dengan Gemilang, Bersama Dalam Keberadaban". Melalui tema ini kata Bupati, Pemerintah Daerah ingin mengirim pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada, bahwa masyarakat Sumbawa telah bangkit, setelah hampir 2 tahun berjibaku menghadapi pandemi Covid-19. Tak hanya itu, pada pertengahan 2022 Kabupaten Sumbawa juga disapa penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hampir sebagian besar hewan ternak ruminansia di daerah ini.

"Belum lagi bayang-bayang inflasi dan resesi ekonomi," tuturnya bangga.


Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa sinergi dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat Sumbawa sangat solid. Sehingga Kabupaten Sumbawa bisa melewati masa-masa sulit tersebut.

"Ini tentunya ini memberikan gairah tersendiri bagi kita, untuk bergegas bangkit merajut Asa demi terwujudnya sebuah Gemilang yang berkeadaban," kata Bupati. Minggu, (22/01/2023)

Dirinya juga sangat mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang terus menjaga semangat, bekerja dengan solid mendukung pemerintah daerah untuk menyukseskan berbagai agenda pembangunan. Sehingga dalam waktu singkat berbagai prestasi Gemilang dapat diraih Kabupaten Sumbawa, diantaranya Kabupaten Sumbawa berhasil meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan kategori baik pada Tahun 2022. Selanjutnya dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal saat ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan halal center Kabupaten Sumbawa yang telah berhasil meraih sebagai penghargaan tingkat nasional, seperti top 99 inovasi pelayanan publik 2022, best halal program support pada Indonesia Halal Industri Awards (IHYA) 2022.


Kemudian berdasarkan hasil verifikasi tim profesi Nusa Tenggara Barat pada Tahun 2022, Kabupaten Sumbawa telah dinyatakan tuntas pilar 2, 3, 4 dan 5 STBM dengan predikat baik. Pencapaian ini berhasil mengantarkan Kabupaten Sumbawa menerima STBM Award dari Kementerian Kesehatan. Untuk penurunan stunting pada Tahun 2022, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih penghargaan terbaik satu tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Sumbawa juga berhasil mendapatkan apresiasi dan penegakan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama Tahun 2022, dalam hal Keterbukaan Informasi Publik pada Tahun 2022 Kabupaten Sumbawa berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi komisi informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Berbagai program strategis lainnya juga bergerak simultan. Ada 10 program unggulan kami bersama Ibu Wakil Bupati Sumbawa juga sudah mulai terealisasi, sejak tahun 2021," ungkapnya.

Selain itu program lainnya yang tengah berproses dan menjadi perhatian yakni nasib guru PAUD dan tenaga kesehatan telah terimplementasikan melalui penerbitan Peraturan Bupati dan pembayaran insentif. Begitu juga insentif pada guru ngaji, petugas rumah ibadah, RT/RW Linmas dan petugas Posyandu peningkatan kualitas kesehatan dan pengadaan ambulans desa dan Puskesmas juga terus diihtiarkan secara bertahap.

Di samping itu lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga terus memacu program-program unggulan daerah lainnya di bidang pertanian perikanan dan peternakan, termasuk mendorong UMKM, membuka lapangan kerja meningkatkan pelayanan satu pintu di tingkat kecamatan, mengembangkan pariwisata sejarah dan budaya Sumbawa, meningkatkan layanan air bersih serta memantapkan infrastruktur wilayah.


Selain memacu program unggulan di berbagai sektor di tahun 2023 ini, agenda-agenda pembangunan dan investasi berskala besar juga tengah diiktiarkan ground breacking pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong.

"Mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru di kawasan Samota juga terus kami upayakan sejalan dengan harapan Gubernur NTB untuk pemerataan pembangunan Lombok-Sumbawa melalui percepatan pembangunan kawasan Teluk Saleh - Moyo - Tambora (SAMOTA)," jelasnya.

Begitu juga perhelatan kejuaraan dunia MXGP Samota yang dimulai pada 2022 lalu telah memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan bagi masyarakat Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. MXGP sendiri akan digelar kembali pada tahun 2023 ini tentunya dengan harapan agar perekonomian masyarakat terus menggeliat, termasuk dapat mengungkit pengembangan sektor pariwisata di daerah ini.

"Pada awal tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI. UHC ini merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga memiliki asas kesehatan yang adil dan bermutu serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan, dengan hanya menggunakan KTP atau kartu keluarga," cetusnya.

Dengan diterapkannya UHC di Kabupaten Sumbawa lanjut Bupati, maka tidak ada lagi hambatan bagi masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan, baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit khususnya dalam hal pembiayaan. Sebab Pemerintah Kabupaten sumbawa telah memberikan jaminan kesehatan bagi 504.367 warga atau Sebesar 97 persen penduduk Kabupaten Sumbawa.

"Terakhir kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa mengucapkan selamat hari raya Kuningan dan Galungan bagi umat Hindu, serta hari raya Imlek bagi umat Konghucu di Kabupaten Sumbawa.

Terima kasih dan penghargaan juga kami sampaikan kepada segenap masyarakat Kabupaten Sumbawa dan seluruh pemangku kepentingan atas dedikasi dan kontribusinya membangun Sumbawa. Dirgahayu Kabupaten Sumbawa," tutupnya. (Anto)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close