Breaking News

Upacara Syukur ke-1 Tahun 2023, Bupati: Kawal Jalannya Roda Pembangunan dengan Kerja Kolaboratif dan Partisipatif

 


Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. menjadi Irup saat Upacara Syukur ke-1 tahun 2023 dirangkai dengan HUT Baznas ke-22. Jum'at (20/02/23)

Sumbawa Barat, (postkotantb.com)
– Pelaksanaan Upacara Syukur ke-1 tahun 2023 berjalan lancar. Seperti biasa kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST., Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah,ST., M.Si., seluruh ASN lingkup KTC dan unsur Forkopimda. Pelaksanaan Upcara Syukur kali ini dirangkaikan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Ke-22 tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kompleks KTC, Senin (20/01/2023) pagi diawali dengan penyerahan bantuan Fakir Miskin (FM 3,32), penyerahan pakaian kerja rompi Ojek kepada Persatuan Ojek Taliwang (POTAL) sebanyak 200 buah dan Gabungan Ojek Sumbawa Barat (GOBAR) sebanyak 210 buah.


Dalam amanahnya Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. mengulas kembali pentingnya memelihara semangat perjuangan pembentukan KSB untuk mewujudkan KSB baik berlandaskan gotong royong.

Menciptakan tim yang solid dan kerja kerja kolaboratif serta partisipatif, dalam mengawal berjalannya roda pembangunan di KSB perlu ditingkatkan pada tahun 2023. Selain itu, dukungan penuh terhadap Program Posyandu Gotong Royong yang ada di lingkungan masyarakat, harus menjadi tanggungjawab bersama masyarakat dan seluruh stakeholders, tidak hanya menjadi tugas Dinas DPMDes dan Dinas Kesehatan saja.

Dirangkaikan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun BAZNAS Ke-22 tahun 2023, Bupati mengungkapkan, bahwa kinerja Baznas Sumbawa Barat dalam pengelolaan zakat mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Terbukti dari realisasi pengumpulan zakat pada tahun 2016 sebanyak 400 Juta hingga pada tahun 2022 mencapai 7,8 M.

Selain pengumpulan zakat, banyak program-program yang telah dijalankan oleh Baznas, dengan menggunakan prinsip Asnaf seperti Program Pendampingan dan Pembiayaan Orang-orang sakit yang dirujuk ke luar daerah, program kepedulian terhadap orang-orang terlantar, dengan memberikan pembiayaan terhadap kebutuhan dasar mereka.

Program santunan terhadap masyarakat miskin melalui program FM 3,32, turut mengambil peran dalam upaya penurunan angka stunting di kabupaten sumbawa barat, program beasiswa terhadap anak  anak penghafal Al qur'an yang ada di pondok pesantren, pembiayaan dana bergulir terhadap pelaku umkm agar terlepas dari riba, program rehab rumah layak huni kerjasama dengan baznas provinsi ntb, program bantuan kegiatan kemasyarakatan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Bupati berharap agar semangat mencintai daerah dapat terus diperbaiki. “Mari terus menerus kita perbaiki cara kita mencintai daerah ini. Perbaiki mindset dan cara berpikir kita dalam berbagai persoalan. Mari bangun jalan pikiran masyarakat KSB agar harapan dan cita-cita kita bersama dalam mewujudkan KSB Baik di masa yang akan datang dapat terpenuhi”, tutup Bupati. (Red)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close