Breaking News

Cukup Pakai NIK Untuk Pastikan Anda Terdaftar Jadi Pemilih di Pemilu 2024

 


Lalu Darmawan Ketua KPU Lombok Tengah

Lombok tengah, (postkotantb.com) - Kemajuan tekhnologi berbasis elektronik turut dimanfaatkan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) untuk permudah layanan ke masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2024.

Darmawan, Ketua KPU Lombok tengah Sabtu, (18/02) meneruskan informasi KPU Pusat merilis sebuah link, yang dapat diakses masyarakat secara langsung guna memastikan setiap individu terdaftar atau tidak sebagai pemilih melalui https://cekdptonline.kpu.go.id/

"Sekarang pantarlih sudah mendata dengan E-Coklit, Yuk bantu pantarlih cek NIK, dengan menginformasikan link tersebut, ini lebih mudah tidak perlu cari kabko dulu, cukup masukin NIK nya saja, lalu tinggal cek anda terdaftar atau belum dalam pemilu 2024, " kata Darmawan kepada postkotantb.com saat dikonfirmasi melalui sambungan wathsApp.

Layanan itu, lanjutnya, turut jadi bahan utama disosialisasikan 3315 para pantarlih tersebar di seluruh wilayah Lombok tengah yang sedang melakukan kegiatan coklit ke setiap rumah warga mulai 12 Februari sampai 14 Maret 2023 serempak seluruh Indonesia.

"Coklit adalah kegiatan pencocokan dan penelitian yang dilakukan pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi secara langsung," papar Darmawan.

Adapaun dasar hukum pelaksanaan pencocokan dan penelitian atau coklit yakni UU 7 Tahun 2017 PKPU Nomor 7 Tahun 2022. Dan KPT KPU RI nomor 27 Tahun 2023.

Mengenai keseluruhan anggaran Pemilu 2024 bersumber dari APBN. Soal honor pantarlih sudah ditetapkan sebesar 1 juta sebulan berlaku se-Indonesia.

" Rekrutmen tenaga pantarlih PPS langsung yang membentuk, wilayah kerja pantarlih di TPS sesuai domisili,
" jelasnya.

Diharapkan, Pemilu sebagai sarana integrasi Bangsa, Dia mengajak seluruh elemen sambut Pemilu 2024 dengan riang gembira penuh suka cita.

"Mari sukseskan kegiatan coklit, siapkan Kartu Keluarga dan KTP-El anda, nantikan kedatangan pantarlih dirumahmu, " ujarnya. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close