Breaking News

Anggota Pramuka Ponpes Nurul Ikhlas Dibekali dengan Wasbang dan Pengetahuan Peta Buta




Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Anggota Pramuka di Ponpes Nurul Ikhlas Dusun Rajek Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur, dibekali dengan materi Wasbang dan ilmu pengetahuan tentang Peta Buta, oleh Serma Saefudin, Babinsa Sukaraja dari Koramil 08/Praya Timur, Kodim 1620/Lombok Tengah.

Pembekalan materi Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dan ilmu pengetahuan Peta Buta dilakukan di Aula Serbaguna Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ikhlas pada Jum'at malam 10 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan Program Kemah Pramuka yang diikuti oleh 250 santriwan dan santriwati.

Diawali dengan mengulas penanggulangan bencana alam, navigasi darat, survival, dan pioneer, selanjutnya para anggota Pramuka dibekali dengan pengetahuan Wasbang dan ilmu pengetahuan tentang Peta Buta atau peta yang tidak memiliki keterangan lengkap sebagai alat pengenal.

Pada materinya, Babinsa tersebut mengatakan peta buta merupakan peta yang tidak ada penjelasannya sama sekali. Yang ada di peta buta hanyalah garis yang mengikuti kontur wilayah, seperti benua, pulau, danau, sungai, laut, atau strip putus-putus untuk menandai batas dari negara atau wilayah.

"Dan itupun tanpa keterangan apapun," Ucapnya.

Sementara dalam materi Wasbang, Babinsa Sukaraja Serma Saefudin menjelaskan kepada anggota Pramuka Ponpes Nurul Ikhlas, tentang sejarah perjuangan para pahlawan bangsa, mencintai bangsa, proxy war, pergaulan bebas, narkoba, dan juga pembekalan tentang bahaya laten komunis serta paham radikal.


"Wasbang dan Bela Negara bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air kepada para generasi muda penerus bangsa. Materi ini sudah menjadi kalender rutin Koramil 08/Praya Timur dalam rangka mengawal generasi muda, agar nantinya menjadi para penerus yang mencintai bangsa dan negaranya," Kata Dia.

Mengakhiri materinya, Babinsa Sukaraja Serma Saefudin berharap apa yang telah diberikan bisa bermanfaat bagi para anggota Pramuka.

"Semoga apa yang kita lakukan saat ini dapat membentuk karakter para santri anggota Pramuka menjadi seseorang yang mampu bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan, serta cinta terhadap tanah air Indonesia," Pungkasnya. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close