Breaking News

Audiensi Dewan Pendidikan Sumbawa,Ketua DPRD Sumbawa Siap Bangun Sinergi

 


Pengurus Dewan pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2023-2028 kunjungi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Jum'at pagi (17/3/2023). Kunjungan audensi Pengurus Dewan Pendidikan langsung diterima Ketua DPRD Abdul Rafiq di ruang kerjanya. Ikut mendampingi Sekretaris DPRD Ir A Yani dan Staf ahli Banggar Abdul Ma'ruf Rahmat S.P.


Sumbawa Besar,  (postkotantb.com) - Pengurus Dewan pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2023-2028 kunjungi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Jum'at  pagi (17/3/2023). Kunjungan audensi Pengurus Dewan Pendidikan langsung diterima Ketua DPRD Abdul Rafiq di ruang kerjanya. Ikut mendampingi Sekretaris DPRD Ir A Yani, dan Staf ahli Banggar Abdul Ma'ruf Rahmat S.P.

Pada kesempatan tersebut, Dewan Pendidikan menyampaikan beberapa program kerja ke depan, serta apa saja yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Dewan Pendidikan.


Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Jamhur Husein mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, karena telah berkenan menerima kehadiran mereka di ruang kerjanya.

“Mewakili seluruh anggota Dewan Pendidikan, saya ucapkan terimakasih kepada Bang Rafiq, karena telah berkenan untuk menerima kunjungan dalam rangka audiensi sekaligus perkenalan Dewan Pendidikan yang baru,” ujar JH akrab disapa.

JH juga menyampaikan, bahwa Dewan Pendidikan sangat butuh kerjasama yang baik dari DPRD Kabupaten Sumbawa, agar Dewan Pendidikan dapat bekerja dengan baik dan maksimal. “Besar harapan kami, DPRD Kabupaten Sumbawa mau mendukung segala sesuatu kinerja maupun program yang akan diajukan oleh Dewan Pendidikan, selama ini Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa termasuk yang paling eksis di Provinsi NTB dalam memfasilitasi permasalahan pendidikan di Kabupaten Sumbawa meskipun dengan sokongan anggaran yang minim, namun berkat keikhlasan seluruh anggota, program kerja periode sebelumnya dapat berjalan, terlebih lagi bila sekarang dalam kepengurusan yang baru mendapat support dari DPRD akan bisa lebih gesit dan lebih luas jangkauannya ” papar Jamhur Husein.


Ditambahkan oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Zainuddin SE,  bahwa setelah dilantik oleh Bupati Sumbawa awal Maret lalu, lembaga banyak menerima keluhan dari orang tua maupun siswa dan tenaga kependidikan terkait kasus yang dialami diantaranya adalah kasus pencabulan, pengaduan perundungan, maupun tenaga kependidikan dari PPPK yang penempatan tugasnya tidak sesuai dengan formasi awal yang dilamar, bahkan juga lulus namun belum mendapatkan formasi.

Di samping itu ada juga penanganan konsultasi psikologis bagi siswa yang mengalami kasus kekerasan, pelecehan seksual, hingga masalah kekurangan Rombongan Belajar (Rombel) dan guru juga diadukan ke dewan Pendidikan Sumbawa.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Abdul Rafiq mengungkapkan, bahwa dirinya sangat senang karena Dewan Pendidikan mau berkunjung ke kantor DPRD Kabupaten Sumbawa. Karena menurutnya, saat ini sangat banyak masalah pendidikan yang harus kita benahi dengan cara bersinergi.

“Terimakasih telah mau berkunjung ke rumah wakil rakyat, jujur sangat senang karena Dewan Pendidikan mau datang untuk berdiskusi serta bersilaturahmi dengan saya, banyak masalah pendidikan di Kabupaten Sumbawa yang harus kita bahas untuk kita cari jalan keluar yang terbaik,” kata Rafiq.

Abdul Rafiq mengatakan, DPRD Kabupaten Sumbawa akan mendukung program maupun kinerja Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa sesuai dengan tupoksinya dari sisi legislatif.

“Saya akan mengajak Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa lainnya untuk  mendukung program ataupun kinerja Dewan Pendidikan, dan Saya yakin jika DPRD mendukung, bersinergi dengan baik, pendidikan di Kabupaten Sumbawa  akan semakin bagus dan baik. Maka tidak ada alasan untuk DPRD, untuk tidak mendukung Dewan Pendidikan,” UjarAbdul Rafiq yang juga Pembina PGRI Kabupaten Sumbawa ini.

Masih kata Rafiq, Dewan Pendidikan sejatinya mendukung Pemerintah Daerah,baik eksekutif maupun legislatif sehingga  dengan kepengurusan yang baru, perlu disupport program dan anggarannya sehingga Dewan Pendidikan ini bisa berfungsi secara maksimal, dan  skema yang akan dilakukan seperti lazimnya Lembaga ataupun ormas lain dalam pengajuan anggaran kepada Pemerintah Daerah.

"Semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya asalkan terbangun komunikasi yang baik dari para pihak" Imbuh Rafiq yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa ini.

Dalam pertemuan tersebut, kedua lembaga membahas program program terkait peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumbawa, serta permasalahan pendidikan yang saat ini sedang dihadapi.

Dewan pendidikan dan DPRD Sumbawa  bisa bersinergi   dan berkolaborasi  karena di DPRD juga memiliki komisi 4 yang menangani bidang pendidikan sehingga sewaktu-waktu misalnya kalau ada persoalan-persoalan pendidikan, Dewan pendidikan bisa diundang dalam menghasilkan rekomendasi bersama terkait dengan  pendidikan, Hal ini saling menguatkan karena dalam kedua lembaga punya kompetensi dan kapasitas yang mendukung.

Selain beraudensi, kunjungan tersebut juga sebagai ajang silaturrahmi antara pengurus Dewan Pendidikan priode baru dengan DPRD Kabupaten Sumbawa Diantara adalah  Zainuddin SE (Ketua PWI) dan Jamhur Husain (Ketua SMS)  sehari- hari aktif organisasi pers,  Dr Suharli dan Erma Suryani MPd dari Universitas Samawa (Unsa), Supriyadi dan Dr. Umar dari Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS). Junaidi Iriani MPd dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sanapiah SPD dari Lembaga Profesi - PASI, Sri Wahyu Hidayati S.Psi (LPM Mitra Samawa), Jhon Kanedi SPd.MPd (Puspidaya) dan Ubaidullah SPd MPd dari PD Muhammadyah.(Lalu/Ruf)



0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close