Breaking News

Ketua DPRD Ucapkan Selamat HUT Tagana Ke-19, Momentum Mawas Diri Menjaga Lingkungan

 


Abdul Rafiq.SH Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa.


Sumbawa Besar,  (postkotantb.com) - Hari ini  24 Maret 2023 merupakan peringatan Hari Ulang Tahun Tagana ke-19 Tahun 2023. Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq mengucapkan Selamat HUT kepada Tagana.  

"Sebagai garda depan penanggulangan bencana, diharapkan selalu menebarkan cahaya kebaikan dan jiwa yang menyalakan hidup orang lain. Tagana harus mampu bersikap proaktif untuk menebar kebaikan dalam situasi dan kondisi di tengah kebencanaan sekali pun. Itulah makna hidup yang sesungguhnya dan manusia yang terbaik adalah yang bermanfaat untuk sesamanya" Ucap Rafiq yang juga Pembina Kehormatan Tagana Kabupaten Sumbawa.

Dirinya meminta agar Tagana selalu hadir di tengah masyarakat, dengan mengedepankan kecepatan tindakan secara terukur dan pertimbangan yang matang, jangan sampai warga terdampak bencana luput dari perhatian dan tidak tertangani. Ia juga berpesan agar Tagana selalu jaga kekompakan dengan berprinsip pada satu komando, satu aturan, satu kesatuan.

Selanjutnya Pembina Kehormatan Tagana Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq  mengajak Tagana menjadi penghubung dan perekat masyarakat. Tagana harus berfikir bahwa keberadaan kita tidak sendiri, masih banyak elemen lain yang berkiprah, siapapun bisa digandeng, dirangkul, dan  kita  maju bersama, tegasnya.

Pada usia Tagana yang ke-19, merupakan usia yang matang untuk menghadapi setiap dinamika, tantangan profesionalisme, dengan beragam pola penanganan dalam merespon anomali bencana. Momentum peringatan HUT Tagana menjadi ajang konsolidasi, tukar informasi, refleksi diri serta upaya membangun jiwa korsa dan peningkatan silahturahmi antara Tagana yang hadir pada saat ini, Imbuhnya

Kemudian Lanjut Rafiq, Dirinya senantiasa berusaha bersama Tagana dan  menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tagana Kabupaten Sumbawa yang telah menjadi mitra andalan pemerintah dan masyarakat, sekaligus bersinergi dengan komponen lain dalam penanggulangan bencana.

"Selamat Ulang Tahun Tagana ke-19, semoga Tagana menjadi Pioner ketangguhan masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana" ucap Rafiq.


Ketua Tagana Kabupaten Sumbawa Dedy Susanto S.Pd


Ketua Tagana Kabupaten Sumbawa Dedy Susanto S.Pd dihubungi media ini (24/03/2023) mengatakan harapannya dengan momentum HUT Tagana ke-19, dapat membangun sinergitas dengan multi pihak baik masyarakat ataupun pemerintah untuk bersama-sama menjaga lingkungan ataupun kelestarian hutan karena dengan menjaga kelestarian hutan maka insya Allah kita dijauhkan dari bencana banjir.

"Tentunya dalam hal ini partisipasi dari pemerintah sangat kami harapkan berupa  bantuan untuk memberikan edukasi yang berkaitan dengan kebencanaan di tengah tengah masyarakat, karena itu merupakan salah satu cara untuk meminimalisir dampak dari bencana khususnya bencana alam banjir di kabupaten Sumbawa"  Ungkap Dedy.

Upaya ini menumbuhkan kewaspadaan ini membutuhkan proses pembelajaran, pembiasaan dan diharapkan masyarakat semakin paham dan sadar mengambil tindakan yang tepat ketika bencana terjadi. Imbuh Dedy.

Masih kata Dedy, wilayah  Kabupaten Sumbawa  khususnya di wilayah timur dan barat memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terhadap bencana alam, kondisi geografis yang beraneka ragam merupakan sebuah kekayaan, karena memilki potensi wisata yang tinggi, namun juga memiliki potensi tersendiri terhadap bencana.

"Fenomena alam yang terjadi, mengingatkan kita untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat terhadap segala kemungkinan ancaman dan dampak bencana. Maka dari itu sebagai bentuk antisipasi, masyarakat harus mempunyai kesiapsiagaan dan tingkat kewaspadaan yang baik"
Tandasnya. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close