Breaking News

Apel HUT Lobar ke-65, Bupati dan Wbup serta Ribuan ASN Bersatu Gunakan Musilm Sasak

 


Lombok Barat (postkotantb.com) -
Puncak Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan pada Senin,17 April 2022 melalui apel HUT Lobar. Apel Kali ini dalam suasana sangat spesial dan bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Bupati H.Fauzan Khalid dan Wakil Bupati serta tamu undangan dan Ribuan ASN bersatu kompak menggunakan pakaian muslim sasak. Hadir dalam kegiatan ini Bupati H. Fauzan Khalid bersama ketua TP PKK Lobar Hj Khaeratun, Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Propinsi NTB dapil Lombok Barat-KLU, Pimpinan dan anggota DPRD Lombok Barat,  Mantan Bupati dan Wakil Bupati, Mantan Ketua DPRD Lombok Barat, Sekda Lombok Barat H. Ilham,

Mantan Sekda Lombok Barat, Kepala OPD, Camat, Kepala Bagian dan Kepala Bidang serta seluruh ASN Lombok Barat.

Dalam Amanatnya Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid menyampaikan, bahwa "Lombok Barat pada tanggal 17 April hari ini sudah berusia 65 tahun. Umur yang sudah cukup matang setelah melalui perjalanan panjang. Berkat jasa para pendirinya (founding fathers), para bupati dan wakil bupati sebelumnya, para anggota DPRD, Lombok Barat tetap eksis hingga saat ini".

Adalah tugas kita untuk mengisi dan memajukan Lombok Barat yang kita cintai ini."Kepada pendahulu dan para pendiri (founding father) Kabupaten Lombok Barat, kita menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Kabupaten Lombok Barat yang sama-sama kita cintai dan banggakan" ucap bupati.

Fauzan Khalid menyampaikan, bahwa Tema peringatan Hari Ulang Tahun Lombok Barat ke-65 tahun 2023 ini adalah Bangkit dan Produktif. Tema ini mengandung pesan pentingnya semangat kebersamaan, persatuan, seiya sekata antar segenap unsur yang ada di Lombok Barat untuk Bangkit setelah melalui berbagai ujian terutama Covid-19. Semangat untuk bangkit tidaklah cukup, kita perlu menggenjot semangat untuk menghasilkan capaian-capaian yang produktif.

Untuk mencapai Lombok Barat yang mantap, yang berprestasi, kita harus bangkit dan produktif dengan cara saling melengkapi dan mengisi, saling mendukung dan saling membantu untuk satu tujuan Lombok Barat yang maju dan sejahtera.
"Selain semangat, juga diperlukan langkah-langkah dan kebijakan-kebijakan yang mendukung kebangkitan dan produktivitas dari insan Lombok Barat, para Kepala OPD dan jajaran dengan berpikir out of the box, yaitu menciptakan produktivitas sesuai dengan bidangnya masing-masing dan bukan hanya melakukan yang ‘biasa-biasa’ saja" ujarnya.


Pada kesempatan ini, Bupati dua periode ini juga menyampaikan kebanggaan, di tengah keterbatasan
keterbatasan yang ada, Lombok Barat di bawah kepemimpinan H.Fauzan Khalid dan Hj. Sumiatun dapat meraih dan mempertahankan sejumlah prestasi membanggakan daerah.

Berbagai upaya nyata dilakukan secara bahu membahu antara eksekutif dan legislative untuk mencapai target RPJMD yang telah kita sepakati bersama. Upaya nyata yang dilakukan dia ntaranya untuk mendukung capaian target “Indikator Usia Harapan Hidup”.

Pada tahun 2022 Lombok Barat telah menorehkan prestasi meningkatkan status Rumah Sakit Patut Patuh Patju dari C ke B, Rumah Sakit Awet Muda dari D ke C. Ke depan kita akan terus melengkapi fasilitas kedua Rumah Sakit Daerah tersebut di antaranya dengan fasilitas cuci darah, serta tambahan fasilitas MRI  di Tripat. Pada 1 Desember 2022 Lombok Barat meraih Penghargaan Tuntas 5 Pilar STBM dari Gubernur NTB; Meraih penghargaan STBM Award Tingkat Nasional Tahun 2022; Meraih Penghargaan Bidang Pencegahan Perkawinan Usia Anak oleh Plan Internasional Indonesia. Lombok Barat juga dianugrahi penghargaan sebagai Kabupaten dengan angka Harapan Lama Sekolah Tertinggi di NTB.

Pada tahun 2022 Lombok Barat juga telah mampu menunjukkan nyalinya dengan menempatkan diri sebagai Kabupaten dengan Kategori “Inovatif”, yang pada tahun sebelumnya 2021 masih pada posisi “Tidak Inovatif” dari penilaian Kemendagri.

Di samping itu dalam rangka penanganan inflasi daerah Lombok Barat juga meraih Juara 1 TPID Award 2022. Sementara pada upaya pemenuhan urusan bencana, Lombok Barat dianugrahi Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana) Award Tahun 2022 dari Kemendagri. Teranyar, pada 16 Februari 2023 kemarin Lombok Barat berhasil mempertahankan Zona Hijau dengan nilai 81,2 dalam kepatuhan standar pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI.


Lombok Barat juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten yang berhasil mempertahankan predikat Informatif sejak tahun 2017-2022 dengan nilai sangat tinggi mendekati sempurna yaitu mencapai nilai 99,50. "Pada bulan Maret yang lalu Lombok Barat memperoleh sebanyak 5 Anugerah Times Indonesia (ATI).

Masing-masing katagori Man of the Year diraih oleh Bupati Lombok Barat, Women of the diraih oleh Wakil Bupati Lombok Barat, Positif News Maker diraih oleh Sekda Lombok Barat, Best Instansi Lombok Barat diraih oleh Diskominfo Lombok Barat dan  Special Achievement Award Lombok Barat untuk tokoh tokoh optimisme ekonomi desa diraih oleh Ketua Asosiasi Kepala Desa Lombok Barat, Sahril, SH. "Ini adalah prestasi yang luar biasa dan hasil kerja dan kolaborasi berbagai pihak di Lobar. Hal ini juga bukti nyata kita terus bergerak dan bekerja"ujarnya.

Apel HUT Kabupaten Lombok Barat ke 65 ini berjalan dengan khidmat. Ribuan ASN bersama tamu undangan terlihat kompak menggunakan pakaian sasak muslim. Hal ini sebagai simbol bahwa ASN Lobar selalu mencintai budaya dan tradisi serta kearifan Lokal di Lombok Barat.


Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat berharap melalui apel HUT Lombok Barat ke 65 para ASN dan masyarakat Lombok Barat dapat terus menguatkan semangat kolaborasi dan gotong royong menuju Lombok Barat mantap. "Mari kita kuatkan semangat kolaborasi, kebersamaan dan gotong royong di masyarakat untuk mewujudkan Lombok Barat Mantap" ujarnya.
(TIM IKP/Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close