Breaking News

Hindari Potensi Masalah Sekecil Apapun, Proyek SPAM Diyakini Akan Tercapai Sesuai Harapan





Lombok Timur (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy memastikan bahwa proyek SPAM Wilayah selatan, dapat terlaksana dan menghindari potensi masalah sekecil apapun. Karena itu pada Senin, (03/04/2023) menggelar rapat bersama para pihak, seperti  Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTB dan sejumlah rekanan, PUPR, PDAM, serta Camat di wilayah yang menjadi lokasi proyek yang didanai Bank dunia itu.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Bupati tersebut, dimaksudkan mencari jalan keluar kendala yang ditemui di lapangan. Salah satunya adalah belum terkonfirmasinya pemanfaatan sejumlah kecil lahan SMK Kotaraja, sebagai tempat pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Bupati menyebut hal tersebut, karena adanya mis-komunikasi antara para pihak, seperti Pemerintah Provinsi NTB dan SMK bersangkutan. Padahal Pemda sudah mengirimkan surat terkait pemanfaatan lahan SMK untuk pembuatan IPA kepada pemerintah provinsi dan tembusan ke SMK. Karena itu pihaknya akan kembali melakukan koordinasi dengan para pihak.

Bupati juga menegaskan, agar tidak ada penolakan dari masyarakat, sehingga dibutuhkan pendekatan dan koordinasi lebih instensif dengan semua pihak. Diingatkannya, bahwa perlu ditekankan kepada masyarakat yang ada di sumber yaitu Jeruk Manis, Kembang Kuning, dan Tetebatu Selatan, bahwa penggunaan mata air tersebut tidak akan mengganggu kebutuhan air mereka.


Kepada pihak rekanan, Bupati meminta kepastian untuk rekondisi atau mengembalikan kondisi jalan maupun infrastruktur lain yang terkena dampak dari proses pengerjaan SPAM tersebut, seperti penggalian. Ujar Bupati.

Keberadaan SPAM ini menjadi solusi kebutuhan air warga selatan dengan memanfaatkan air dari tiga sumber, yaitu Barangpanas II (Jeruk Manis), Gawah Buak (Kembang Kuning), dan Sungai Lingkung (Tetebatu Selatan).

Ketiga sumber tersebut telah memiliki rekomendasi teknis (rekomtek) dari BWS. Dengan demikian dipastikan bahwa pemanfaatan sumber air ini, tidak berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan air di lokasi sumber dan sekitarnya, sebab BWS telah memperhatikan neraca air dan keseimbangannya.(Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close