Breaking News

Melalui GONNA, SMPN 5 Pujut Mampu Terapkan Nilai Agama Peserta Didiknya

 


Raeva Ahdiatizzati guru Pendidikan Agama Islam SMPN 5 Pujut, Lombok Tengah.FOTO: Uwan Sopiandi PKN


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Seorang guru Pendidikan Agama Islam SMPN 5 Pujut, Lombok Tengah, Raeva Ahdiatizzati menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 dari pemerintah atas dedikasinya yang telah menciptakan Gerakan Optimalisasi Nilai-Nilai Agama (GONNA) yang kemudian ia terapkan di sekolah tempatnya mengajar.

Raeva menerima penghargaan tersebut di sela-sela pembukaan Acara Musrenbang RKPD tahun 2024 yang digelar di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah. Penyerahan dilakukan langsung Bupati Lombok Tengah, H.Lalu Pathul Bahri pada Kamis (06/04/2023).

Raeva yang ditemui media ini usai menerima piagam penghargaan menjelaskan, bahwa perlu adanya penerapan peningkatan nilai-nilai agama terhadap para peserta didiknya. Sehingga melalui GONNA dirinya mampu menerapkan nilai-nilai agama melalui kegiatan Senin Jumat Sholawatan (SJS) dan Rabu membaca Asmaul Husna (Rabana).


''Dan, kegiatan-kegiatan yang lain, misalkan sebelum masuk kelas mereka diharuskan berwudhu dan di dalam kelas kami usahakan mereka membaca ayat-ayat pendek,'' kata Raeva.

Lanjut Raeva, sejauh ini pemahaman agama anak didiknya sudah sangat baik. Tetapi, untuk merealisasikannya atau mempraktikkannya, mereka perlu pengawasan dari orang tua dan pihak sekolah.

''Jadi kita tidak bisa melepas anak itu begitu saja, karena di sekolah mereka kan hanya cuma beberapa jam. Jadi butuh pengawasan juga dari orang tua mereka,'' imbuh Raeva.

Raeva menjelaskan, meski GONNA baru beberapa tahun diterapkan di sekolah tempatnya mengajar, namun hasilnya sudah sangat maksimal. Kebanyakan peserta didiknya saat ini sudah bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan menghafal ayat-ayat pendek.

Sebagai informasi, penghargaan ini diberikan pemerintah daerah kepada satuan unit kerja dan perorangan yang merupakan peserta Latsar CPNS tahun 2020 atas partisipasi mereka dalam IGA 2022. IGA merupakan penilaian yang dilakukan Kemendagri terhadap inovasi yang dilaksanakan pemerintah daerah. Lombok Tengah sendiri mendapat nilai indeks inovasi daerah 56,08 poin dengan kategori daerah inovatif. (Iwan)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close