Breaking News

Nuzulul Qur'an, MAN 2 Mataram Buka Puasa Bersama

Dok RIN.

Mataram (postkotantb.com)- Dalam rangka memperingati malam Nuzulul Qur'an 1444 Hijriah/ Tahun 2023 Masehi, MAN 2 Mataram, kembali menggelarnya dengan berbagai kegiatan keagamaan, Sabtu (08/04).

Nuzulul Qur'an di tahun- tahun sebelumnya, jatuh pada Tanggal 17 April. Namun tahun ini diperingati ditanggal yang berbeda. Kendati demikian, hal itu tidak mengurangi kekhusukan, selama kegiatan ini berlangsung.
 
Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh guru, karyawan, serta siswa, dari kelas X sampai dengan XII, dirangkai dengan berbuka puasa bersama, serta beberapa amalan. Seperti dzikir, Shalawat, dan pembacaan Yasin secara berjamaah.

Dalam pengarahannya, Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki menyampaikan, malam Nuzulul Qur'an, merupakan peristiwa yang erat kaitannya dengan malam Lailatul Qadar.

"Sehingga peringatan malam Nuzulul Qur'an, hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjalin ukhuwah islamiah dengan sesama. Di samping mendekatkan diri kepa Allah SWT dan Al Qur'an," pesan Syauki.

Sementara itu, dari Universitas Al Azhar Mesir-Kairo yang menjadi Guru Tamu MAN 2 Mataram, Syeikh Ala Kamal Ahmed Osman, menyampaikan tausiahnya terkait keutamaan Nuzulul Qur'an.

"Barang siapa yang menginginkan dunia hendaklah dengan Al-Qur'an. Barang siapa yang menginginkan akhirat maka hendaklah dengan Al-Qur'an, dan barang siapa yang menginginkan keduanya, hendaklah dengan Al Qur'an," ulasnya.

Makna yang terkandung di balik uraian tersebut, adalah bahwa manusia harus menjadikan Al-Qur'an, sebagai pegangan hidup. Sebab, hidup seseorang akan lebih mudah dan bahagia, jika selalu membaca Al-Qur'an.

Karenanya, Syekh mengimbau, hendaknya Al-Qur'an dapat dibaca setiap ada kesempatan. Paling tidak, harus menyempatkan diri untuk membacanya meski hanya beberapa ayat.

Selain itu, ayat suci Al Qur'an akan bertambah agung dan mulia, jika dibacakan dalam salat. Demikian mulianya membaca Al-Qur'an maka sebagai umat Islam hendaknya diamalkan.

"Semoga kita semua bisa mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Dan semoga hikmah Nuzulul Qur'an dan Berbuka puasa ini, sebagai momentum untuk menjalin ukhuwah islamiah dan kekompakan dalam segala aspek kehidupan," harapnya.(RIN)

 

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close