Breaking News

Safari Ramadhan di Batukliang, Wabup Nursiah Paparkan Capaian Keberhasilan Daerah

 


Wakil Bupati Lombok Tengah HM. Nursiah


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Wakil Bupati Lombok Tengah HM. Nursiah mengatakan, ikhtiar pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Lombok Tengah dengan dukungan segenap elemen masyarakat dari waktu ke waktu semakin baik.

''Hal ini dapat kita lihat dari angka pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan,'' kata Wabup Nursiah saat membuka acara Safari Ramadhan di Kecamatan Batukliang, Selasa (04/04/2023).

Wabup mengungkapkan, saat ini pertumbuhan ekonomi kabupaten dengan motto ''Tatas Tuhu Trasna'' ini berada di posisi tertinggi di NTB dengan angka 5,14 persen. Capaian ini tidak lepas dari beragam program yang dilaksanakan lintas organisasi perangkat daerah (OPD). Seperti penguatan UMKM dan pembinaan petani dan nelayan.

''Pengembangan inovasi pertanian, peternakan, perikanan, serta pengembangan pariwisata,'' imbuh politisi Partai Golkar ini.

Sedangkan tingkat kemiskinan, lanjut Nursiah, saat ini mengalami penurunan. Angkanya berada di bawah rata-rata angka kemiskinan provinsi yaitu pada angka 12,89 persen. Demikian pula dengan tingkat pengangguran yang trennya mulai menurun dari angka 3,74 ke 2,33 persen.

Hal ini juga tak lepas dari peran penting pemerintah pusat dan program-program Pemkab Lombok Tengah. ''Seperti pemberian Jamkesmas, rehab RTLH, beasiswa miskin, pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin, dan kemudahan adminduk bagi masyarakat,'' ungkapnya.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir Lombok Tengah mengalami indeks pembangunan manusia (IPM). Hal ini merupakan sebuah kemajuan mengingat peningkatan IPM adalah indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat.

''Tahun 2021 IPM kita pada angka 66,72 poin menjadi 67,57 poin pada 2022. Ini menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendidikan, kesehatan, dan pendapatan yang lebih baik,'' katanya. (Iwan)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close