Breaking News

Dewan Lalu Ramdan Garis Bawahi Catatan Penting Rencana PDAM Tiara  Pinjam 120 Milyar Ke PT.SMI

 


Lalu Ramdan, S.Ag Anggota Banggar DPRD Lombok Tengah Fraksi Gerindra.FOTO IST/ LALU M IRSYADI  POSTKOTANTB.COM


Lombok Tengah, (postkotantb.com)– Seperti informasi yang beredar, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ardhia Rinjani Lombok tengah berencana akan ajukan pinjaman sebesar 120 Milyar ke PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur). S
ebagai modal pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM).

Mensikapi hal tersebut, Lalu Ramdan,S.Ag anggota DPRD Lombok Tengah Fraksi Gerindra berpendapat  tentu rencana itu tidak boleh serta merta. Perlu adanya kajian dan pendalaman terlebih dahulu.
Menurutnya, ada beberapa catatan penting yang harus digaris bawahi. Menjadi pertanyaan pihaknya sebagai pemantau kebijakan Pemerintah Daerah bersama masyarakat. Dimana, nantinya akan melakukan evaluasi di badan anggaran.

Adapun beberapa catatan penting iti antara lain : 1.Direksi PDAM seharusnya terlebih dahulu menjabat sebagai pejabat definitif, 2. Pinjaman 120 Milyar tersebut apakah angsurannya dibayarkan oleh PDAM atau beban Pemda, 3. Berapa tahun skema hutangnya dan berapa bunga serta angsuran per tahun?. Kemudian apakah PDAM mampu jika di angsur, hal ini harus di presentasekan di DPRD, 4. Berkaca pada saat Lalu Kitab menjadi Dirut PDAM untuk SPAM Cerorong dan Danau biru hanya membutuhkan sekitar 30 M dan itupun hanya bisa mengairi wilayah Praya Barat saja, 5. SPAM pengge sampai dimana bisa mensuport air bersih, 7. Bagaimana dengan tunggakan yang 8 miliar apakah sudah mampu ditagih atau belum.

“ Catatan ini sangat penting sebagai bagian dari pengawasan dan budgeting DPRD Loteng agar tidak terjadi sesuatu yang nantinya bisa menyebabkan Perusahaan Daerah beresiko bangkrut atau kolaps, apalagi rencana pinjaman tersebut sebelumnya telah di setujui oleh Pemda dan DPRD Lombok tengah," pungkasnya.

Diketahui, sumber air pengadaan SPAM Cerorong Danau Biru direncanakan pembangunannya berada Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Harapannya, SPAM Danau biru dapat memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM serta memaksimalkan pelayanan air bersih untuk masyarakat yang berada di sejumlah Kecamatan meliputi Kecamatan Pringgarata, Jonggat dan Praya Barat Daya. (Irs).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close