Breaking News

Assisten 1 Sumbawa Lepas Kontingen Gerakan Pramuka, Ikuti Raimuna Nasional XII Tahun 2023

 


Assisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  H. Varian Bintoro, S.Sos., M.Si secara resmi melepas Kontingen Gerakan Pramuka Sumbawa untuk mengikuti Raimuna Nasional XII tahun 2023. berlangsung di Aula Madiloe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa Rabu (09/8/2023). FOTO IST/JONI JOHARI


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Assisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H.Varian Bintoro, S.Sos., M.Si secara resmi melepas Kontingen Gerakan Pramuka Sumbawa untuk mengikuti Raimuna Nasional XII tahun 2023.
Prosesi pelepasan dilakukan di Aula Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (09/8/2023). Peserta akan mengikuti Raimuna Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur-Jakarta selama 14-21 Agustus 2023. Sebagai ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega usia 16-25 tahun dari seluruh Indonesia.

Peserta Kontingen dari Kabupaten Sumbawa keseluruhan berjumlah 33 orang, terdiri dari 16 orang Putra, 16 Orang Putri dan 1 Pembina Pendamping.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwartir Ranting Sumbawa, Kak Sandi, S.Pd melaporkan bahwa kegiatan Raimuna Nasional adalah kegiatan yang paling bergengsi dibandingkan kegiatan penegak dan pandega yang lainnya. Karena satu-satunya kegiatan yang sifatnya berjenjang dalam golongan penegak dan pandega dalam hal ini pangkalan gugus depannya berada di SMA, SMK, MA dan Perguruan Tinggi.


Kak Sandi sapaannya, juga menjelaskan arti Raimuna berasal dari kata Ambai, Kabupaten Yapen, Papua.

"Raimuna terdiri dari dua kata, yaitu Rai yang berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk tujuan tertentu yang telah di tetapkan bersama, dan Muna yang berarti daya kekuatan jiwa seseorang yang mempengaruhi baik dalam mencapai kesuksesan," jelasnya.

Sementara H.Varian dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih mengikuti kegiatan Pramuka berskala Nasional.

"Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023 adalah momen bersejarah yang akan menjadi pengalaman dan kesempatan berharga dalam perjalanan adik-adik sekalian sebagai Anggota Pramuka untuk bisa menunjukkan keterampilan maupun juga kemampuan, individu maupun juga kelompok," ungkap H. Varian


Beliau juga mengingatkan delegasi Sumbawa untuk membawa nama baik, citra dan wajah Pramuka Sumbawa di kancah Nasional. Beliau berharap, sebagai duta Pramuka Sumbawa, peserta dapat menunjukan Pramuka yang memiliki kepribadian yang kuat, berakhlak mulia, jiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menghormati nilai-nilai luhur bangsa.

“Jadilah agen perubahan untuk Sumbawa setelah kembali dari Raimuna Nasional," tutup H.Varian. (Ari)


0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close