Breaking News

Sedang Dikerjakan Rehabilitasi Transmisi Pipa Intake PDAM, Abdul Hakim: Harap Pelanggan di Alas dan Alas Barat Bersabar

 


H Abdul Hakim.SE Direktur Utama PDAM Batulanteh Sumbawa saat berada di lokasi Rehabilitasi Pipa Intake Transmisi Brang Dalap kawasan hutan Desa Marente Kecamatan Alas Sumbawa. Foto Ist/irwanto postkotantb.com


Sumbawa Besar (postkotantb.com) -  Terhitung 23 Agustus lalu air bersih PDAM tidak mengalir untuk sementara di kecamatan Alas dan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa. Penyebabnya, tengah dilakukan pengerjaan pergantian transmisi pipa intake baru menggantikan yang lama yang sudah dimakan usia.

Sehubungan dengan hal itu, Direktur PDAM Batulanteh Sumbawa H.Abdul Hakim meminta para pelanggan air bersih di kecamatan tersebut agar bersabar dalam beberapa hari ke depan. Katanya

"Berdasarkan hasil pengecekan langsung di lapangan, pihak pelaksana pengerjaan rehabilitasi pipa intake memperkirakan selesai sekitar beberapa hari lagi, sehingga air normal kembali melayani para pelanggan di Alas dan Alas Barat," ujar Hakim kepada media ini yang meliput pengecekan langsung di lokasi rehabilitasi di Brang Dalap, kawasan hutan Marente, Minggu, (27/8/2023).

Dituturkan Abdul Hakim, perjalanan kaki menuju lokasi melalui jalan terjal kawasan hutan didampingi Kepala Cabang PDAM Kecamatan Alas Barat Muryadi dan seorang stafnya mengasyikkan dan menyegarkan, meski lelah dan panas menyengat terik matahari di siang bolong.

Tiba di lokasi sekitar pukul 11:20 WITA, Abdul Hakim dan rombongan mendapat penjelasan dari pihak pekerja, dan menyaksikan langsung proses pengerjaan, yaitu pemotongan dan penggergajian serta pengelasan batang pipa ukuran raksasa di tebing Brang Dalap dengan bebatuan yang besar.

Meski terlihat lelah mendaki, tapi Hakim mengaku tak merasakan karena semangatnya melakukan pengecekan secara teliti. Kemudian dilanjutkan menelusuri tempat pemasangan pipa di pinggir tebing yang memanjang dari timur ke barat sekitar 500an meter. Kemudian meninjau pula aliran hulu sungai, tempat pusat sumber air yang mengalir ke dalam pipa.

Hakim mengatakan salut kepada para pekerja lantaran proses pengerjaan sangat berat dengan medan yang juga berat.

Dari pengecekan itu, politisi Golkar yang mendapat tugas dari Bupati H. Mahmud Abdullah yang Ketua Golkar Kabupaten Sumbawa untuk membenahi PDAM sebagai direkturnya, mengatakan pergantian transmisi pipa intake baru tersebut merupakan bantuan dari BWS NTB atas permohonan pihaknya selaku Direktur PDAM Batulanteh Sumbawa.
Untuk itu, Bang haji Akim pria kelahiran Alas itu biasa disapa menyampaikan ucapan terimakasih kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I NTB Dirjen PSDA PUPR RI.


Bang haji Akim menjelaskan, dengan pergantian transmisi pipa intake baru, diharapkan pelayanan air bersih ke para pelanggan di kecamatan Alas dan Alas Barat dapat lebih maksimal kedepannya.

Mengenai transmisi pipa lama yang sedang dikerjakan dengan pipa pengganti yang baru, dinilai merupakan bentuk keseriusan PDAM dalam meningkatkan pelayanan intensitas air bersih untuk para pelanggan.

"Jika tetap menggunakan transmisi pipa lama yang sudah berumur belasan bahkan dua puluhan tahun, kata Abdul Hakim, akan berdampak merugikan pelanggan lantaran kecepatan kapasitasnya sudah menurun, sehingga perlu segera dilakukan pergantian dengan transmisi pipa intage baru yang memiliki kapasitas tinggi dan kualitas prima," tegasnya. (Well)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close