Breaking News

Komite Medik RSUD Praya Kembali Gelar Mini Simposium

 


Direktur RSUD Praya sekaligus Ketua IDI Cabang Lombok Tengah, dr. Mamang Bagiansah, SpPD., Finasim saat beri sambutan di acara mini simposium, Sabtu (16/9/2023). Foto Ist/Lalu M Irsyadi postkotantb.com


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Mini simposium sehari bertajuk "Continuing Medical Education of Praya Hospital's Medical Committee (Comed) Session 2" kembali digelar Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Praya Lombok Tengah pada Sabtu, (17/9/2023) di Auditorium RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dengan arti Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan Komite Medik RSUD Praya kedua.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Komite Medik RSUD Praya dengan IDI dan PDGI Cabang Lombok Tengah. Comed diselenggarakan rutin tiap tahun, dan 2023 ini masih dalam rangkaian perayaan HUT RSUD Praya ke-64.

Adapun temanya mengusung "Improving Health Services With The Latest and Integrated Services in Central Lombok" atau "Peningkatan Pelayanan Kesehatan dengan Layanan Terbaru dan Terintegrasi di Lombok Tengah".

Comed dipesertai oleh anggota IDI Cabang Lombok Tengah, para dokter dari RSUD Praya maupun dari RS Swasta, Puskesmas-puskesmas serta klinik se-Lombok Tengah dan dari luar Lombok Tengah, anggota PDGI Cabang Lombok Tengah, serta para dokter gigi se Lombok Tengah.

Comed tersebut semakin ekslusif karena diisi langsung oleh pembicara Nasional 1 orang salah satunya dari RSUP Dr. Ngoerah Denpasar, dr. Gede Wira Mahadita, SpPD., KGH, MBiomed.

Beliau membawakan materi tentang kesehatan ginjal, bagaimana mencegah, lalu mengidentifikasi secara dini serta manajemen tatalaksana penyakit ginjal kronik.


Sementara pembicara-pembicara lokal turut berpartisipasi antara lain Dr. Andrew C Taufik, SpOG, menyampaikan tentang deteksi dini kanker leher rahim, suatu kasus keganasan yg angka kejadiannya sangat tinggi, dan seringkali terlambat didiagnosis sehingga menimbulkan angka kematian yang juga tinggi.

Dr.Baiq Dewi Prepti Anggriyani, SpMK, membawakan materi tentang peran laboratorium mikrobiologi klinis dalam membantu para klinisi menentukan antibiotik yang paling pas untuk mengatasi suatu penyakit infeksi tertentu.

Dr. Hilma Harisudin, SpKFR. Beliau adalah ahli rehabilitasi medik paling anyar yang ada di RSUD Praya, siap memberikan layanan-layanan fisioterapi untuk berbagai kasus neuro-musculo-skeletal, layanan tumbuh kembang, dan sebagainya.

Dr. Setio Rini, Sp.PK (K), Msimed. Beliau menyampaikan tentang pemeriksaan-pemeriksaan kunci pada kasus-kasus penyakit jantung.

Terakhir, drg. Muslita Rizki Wahyuni, SpBM, seorang dokter gigi ahli bedah mulut, yang juga baru dimiliki oleh RSUD Praya. Beliau menyampaikan tentang kesiapan RSUD Praya menangani berbagai kasus bedah mulut, baik kasus infeksi, kasus trauma maupun kasus-kasus tumor/keganasan.

Dalam sambutannya, Direktur RSUD Praya sekaligus Ketua IDI Cabang Lombok Tengah, dr. Mamang Bagiansah, SpPD., Finasim, memberi apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya Comed Sesi 2 ini.

"Kita hadir disini, tidak hanya karena akan memperoleh begitu banyak update ilmu yang luar biasa dari para pembicara, namun yang tidak kalah penting adalah silaturrahmi antar kita semua, sebagai salah satu bagian dari pemberi layanan kesehatan yang berkualitas di Lombok Tengah khususnya," sampainya.

Ketua panitia Comed 2, dr. Hilman Harisudin, SpKFR, menambahkan melalui kegiatan ini, ada hubungan yang semakin baik dan terintegrasi antara Faskes Primer (puskesmas dan klinik) dengan Faskes Rujukan. "RSUD Praya terus berbenah, mengembangkan layanan-layanan baru yang berkualitas, ini akan menjadi alternatif bagi masyarakat lombok tengah untuk berkonsultasi dan mengobati penyakitnya. Artinya tidak perlu lagi repot berobat ke RS-RS yang jauh, Cukup di RSUD Praya saja.

Pendapat lain,Dr.IGN Sutama, SpOG, ketua Komite Medik RSUD Praya melengkapi, sebentar lagi akan ada layanan bedah saraf disini, layanan cuci darah juga terus akan meningkat, dan lain-lain. Ia tidak henti-henti mengajak semua elemen untuk bersama-sama membenahi pelayanan di RSUD Praya sebagaimana jargon Beriuk Meriri yang selalu dikampanyekan. (Irsyad)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close