Breaking News

Berantas Ilegal Logging, Dinas BKPH Gandeng TNI-Polri, Dandim : Patroli Gabungan Harus Rutin Dilakukan


Foto Istimewa / Pendim 1607/Sumbawa


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Berkomitmen Berantas Ilegal Logging di wilayah Kabupaten Sumbawa, Dinas BKPH Ropang bersama Koramil 1607-03/Ropang dan Polsek Ropang laksanakan Patroli gabungan dalam rangka menjaga kelestarian hutan dan ekosistem khususnya di kecamatan Ropang Kamis (23/11/2023).

Menurut keterangan yang Pendim Sumbawa dapat, Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (Dua) hari, dari tanggal 22 hari Selasa pukul 08.00 wita, rombongan tim Operasi gabungan berangkat dari kantor BKPH Ropang menggunakan 1 unit mobil patroli dan 10 unit sepeda motor menuju kecamatan Ropang.

Tim Patroli menuju Sebunga Kemilas (perbatasan wilayah Ropang dengan Lenangguar/AMNT) untuk melakukan pengecekan di sekitar kawasan dan di temukan tumpukan kayu sejumlah 14 batang balok kayu, pukul 16.30 wita tim patroli selesai melaksanakan patroli.


Di hari selanjutnya, Kamis 23 november 2023 pukul 07.00 wita tim Operasi gabungan melanjutkan patroli pengamanan hutan ke arah wilayah Lawin, kembalinya dari Lawin tim patroli gabungan menuju ke Desa Kanan Kokar Paraleng.

Tiba di lokasi tersebut tim patroli gabungan melakukan pengecekan di sekitar kawasan dan ditemukan tumpukan kayu sejumlah 29 batang.

Patroli gabungan dilanjutkan ke wilayah kawasan hutan lainnya dan tidak menemukan kegiatan yang mencurigakan, Pukul 14.30 wita seluruh rangkaian kegiatan patroli pengamanan hutan dinyatakan selesai.

Di tempat berbeda Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan S.E, M.Han. menyampaikan, kegiatan patroli gabungan ini perlu dilaksanakan secara rutin, untuk  mencegah terjadinya penebangan liar yang terus berulang.


Dandim juga menambahkan Perlu kerjasama dan perhatian semua pihak dalam menyikapi masalah ini, diharapkan semua elemen masyarakat dan pemerintah dapat turut serta dalam menjaga kelestarian alam, karena keterbatasannya waktu dan tenaga, sehingga Dinas BKPH dan TNI-Polri tidak dapat 24 jam memantau situasi di hutan kabupaten Sumbawa yang luas ini.

"Harapan saya selaku Dandim 1607/Sumbawa, kita dapat menangkap pelaku penebangan liar sebelum melakukan penebangan pada pohon, sehingga ekosistim hutan di wilayah Kabupaten Sumbawa selalu terjaga dan terpelihara". Tegas Dandim (well)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close