Breaking News

Hari Bhakti PU ke–78, Bupati KSB Launching Aplikasi Sistim Aduan Layanan Air Minum Andalan

 


Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. HW Musyafirin, MM hadir dalam perayaan Hari Bhakti PU ke-78 di Kantor Dinas PUPR, Kamis (07/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas PUPR KSB, Sahril, ST., M.Si mengulas tentang perjuangan 21 orang pemuda pegawai Departemen PU yang bertempur mempertahankan Gedung Sate dari pasukan tentara sekutu. Di mana terdapat 7 pegawai PU yang gugur. Peristiwa ini juga melahirkan Korps Pegawai PU yang mempunyai kesadaran sosial, jiwa kesatuan, rasa kesetiakawanan serta kebanggaan akan tugasnya sebagai abdi masyarakat dalam bidang PU.

''Catatan sejarah tersebut menjadi dasar ditetapkannya Hari Bhakti PU,'' tutur Sahril.

Sahril juga menyampaikan bahwa tema Hari Bakti PU tahun ini adalah 'Water for Shared Prosperity' atau 'Air untuk Kesejahteraan Bersama'. Tema ini diangkat untuk mendukung kegiatan World Water Forum (WWF) sebagai festival air terbesar di dunia yang akan dilaksanakan di Bali pada Mei tahun 2024. Di hari Bakti PUPR ke-78 juga, Dinas PU Sumbawa Barat melaunching Aplikasi Berbasis Android yang merupakan Sistim Aduan Layanan Air Minum Andalan ” Salaman ” Kabupaten Sumbawa Barat

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin, menyampaikan bahwa aplikasi android sistim layanan pengaduan air minum dapat bermanfaat untuk meningkatkan layanan masyarakat. Dengan adanya aplikasi android semakin memudahkan masyarakat dalam melaporkan aduan layanan air minum.

''Yang paling penting adalah bagaimana kita mencari solusi atas adanya aduan masyarakat, karena sekarang masyarakatnya sudah pada pintar-pintar. Dengan adanya aplikasi android ini, dapat meningkatkan layanan air minum secara berkesinambungan,'' ungkap Bupati.

Akses air bersih menjadi perhatian semua karena KSB wilayahnya tidak terlalu luas, namun yang perlu dibanggakan bahwa di Sumbawa Barat memiliki dua bendungan besar yaitu Bendungan Tiu Suntuk dan Bendungan Bintang Bano. Maka dari itu pintu air dan irigasi semakin ditingkatkan pelayanannya terutama air bersih sehingga cakupan air untuk pengairan harus sangat maksimal.

''Untuk kebutuhan air bersih melalui Bendungan Bintang Bano dapat menghasilkan  550 liter/detik, sudah sangat dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat KSB, karena air adalah kebutuhan dasar masyarakat,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyinggung tentang pentingnya infrastruktur untuk medukung Kabupaten Layak Anak. Bupati mengingatkan agar dukungan pembangunan infrastruktur itu sangat penting, sehingga  lingkungan layak anak ini harus  juga menjadi perhatian Dinas PU, agar infrastruktur tempat bermain anak-anak di Lingkungan Kemutar Telu Center ini dapat menjadi tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak .


Bupati juga mengatakan, bahwa tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan fokus kepada pembangunan infrastruktur layak anak, dan juga fokus kepada 9 tatanan pembangunan insfrastruktur kota sehat di antaranya kehidupan Masyarakat Yang Sehat Mandiri, Permukiman dan Fasilitas Umum, Satuan Pendidikan, Pasar Rakyat, Perkantoran dan Perindustrian, Pariwisata Sehat, Transportasi dan Tertib lalu Lintas Jalan, Perlindungan Sosial dan Pencegahan kemiskinan Ekstrim.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah H Amar Nurmansyah, ST.,M.Si, Kapolres Sumbawa Barat Yasmara Harahap S.Ik , Kajari Titin Herawati Utara SH.MH, Ketua DPRD, Perwakilan Dandim 1628/SB, Perwakilan BWS, PPK Bintang Bano dan Tiu Suntuk, dan para Kepala Lingkup Pemkab Sumbawa Barat. (Amry)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close