Breaking News

Pemda Loteng dan Universitas Indonesia Sepakat Jalin Kerjasama

 


 foto Istimewa

 Jakarta (postkotantb.com) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama. Tidak hanya perguruan tinggi di Daerah tetapi juga perguruan tinggi di luar daerah baik Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.

Setelah sebelumnya melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan beberapa universitas di pulau Jawa, Pemkab Lombok Tengah kembali menjalin kerjasama dengan Perguruan Ternama di Indonesia yakni Universitas Indonesia.
Kerjasama yang dibangun adalah kerjasama bidang pendidikan, teknologi dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Lombok Tengah H.L.Pathul Bahri, SIP, M.AP melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) dengan Universitas Indonesia (UI) dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan dilakukan di Kampus Universitas Indonesia Selasa 5 Desember 2023.

Surat pernyataan-pernyataan kerjasama dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah sementara oleh pihak Rektor diwakili oleh Prof. Dedi Priadi, DEA, wakil rektor bidang sumber daya manusia dan aset, serta Dr. Toto Pranoto, S.E., M.M. Direktur Kerja Sama.Turut mendampingi Bupati Lombok Tengah adalah Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Pemerintahan Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah pejabat Pemkab Lombok Tengah lainnya.

Dalam butir kesepakatan itu disebutkan para pihak berencana untuk mengadakan kerja sama secara kelembagaan tanpa mengganggu tugas pokok masing-masing pihak, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, sesuai dengan kedudukan dan kewenangan masing-masing, kedua belah pihak setuju dan sepakat untuk melaksanakan kesepakatan bersama tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Lombok Tengah H.L.Pathul Bahri mengatakan maksud kesepakatan bersama ini adalah sebagai pedoman kedua belah pihak dalam melakukan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seperti halnya melakukan kuliah kerja nyata di Kabupaten Lombok Tengah.

Tujuan kesepakatan bersama ini kata Bupati adalah untuk terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan pembinaan hubungan kelembagaan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas bersama dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak sesuai kewenangan yang dimiliki.

"Objek kesepakatan bersama kami ini adalah kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dimana nanti mahasiswa UI melakukan pengabdian Tri darma perguruan tinggi di Lombok Tengah atau sebaliknya kami bisa mengirim ASN untuk pasca sarjannya di UI, ini salah satu model kerjasama kami disamping juga kerjasama lainnya" jelasnya.

Menurut Bupati ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi:
Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pelatihan; Penyelenggaraan Kolaborasi Riset dan Pengembangan Sumber Daya; Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar, dan Lokakarya; Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia; Implementasi Kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dan Kegiatan lain yang disepakati oleh bersama.
"Kita berharap kerjasama ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Lombok Tengah" lugas Bupati. (Disk/irs)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close