Breaking News

Gelar Bimbingan Kepribadian, Bapas Mataram Kenalkan Keberadaan Griya Abhipraya Mandalika

Dok RIN.

Mataram (postkotantb.com) - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Mataram, kembali menggelar giat Bimbingan Kepribadian di Griya Abhipraya Mandalika, Kota Mataram, Rabu (24/01) pagi.

Kegiatan ini mengusung tema, 'Pribadi yang Mandiri dan Bermanfaat'. Giat ini diikuti oleh 30 orang klien, yang masih berada di bawah pengawasan Bapas Mataram.

Dalam sambutannya, Kepala Bapas Mataram, Muhtaruddin, melalui sambutannya menyampaikan, kegiatan bimbingan kepribadian ini dilakukan di Griya Abhipraya Mandalika, guna memperkenalkan rumah tersebut kepada klien, masyarakat, serta seluruh pihak terkait tentang tujuan keberadaannya.

Griya Abhipraya Mandalika, kata Kabapas, memiliki tujuan sebagaimana arti namanya dalam bahasa Sansekerta, yaitu rumah yang memberikan harapan. " Tujuan Griya Abhipraya ini adalah untuk menggali potensi yang ada dari klien-klien kami," terang Kepala Bapas Mataram.

Lebih lanjut lagi, Kabapas menyampaikan, Griya Abhipraya Mandalika memiliki beberapa kegiatan pelatihan keterampilan, seperti pertanian, seni ukir cukli, dan kerajinan dari daur ulang sampah non organik.

Kabapas juga menegaskan bahwa kegiatan di GA Mandalika juga digerakkan oleh klien dan diperuntukkan pula manfaatnya untuk klien. "Griya Abhipraya ini dibentuk bagi klien yang merasa punya potensi maupun klien yang ingin mengembangkan potensi, silahkan datang kemari," ajak Kabapas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan,  menyampaikan tentang pentingnya keberadaan Griya Abhipraya bagi klien. Menurut Parlindungan, program pembinaan di Lapas/Rutan, maupun program Pembimbingan di bapas ini, bertujuan agar klien menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri, keluarga, masyarakat maupun negara.

Kegiatan positif seperti yang dilakukan di Griya Abhipraya ini, dapat memberikan kesempatan kepada klien untuk mengembangkan diri untuk menjadi insan yang lebih baik, baik secara jasmani, rohani dan juga berdaya saing.

Selanjutnya, Kakanwil menegaskan bahwa pelaksanaan program tersebut tidak lepas pula dari peran Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Mataram. Selama pelaksanaan program, PK Bapas bertugas mengawasi pelaksanaannya agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai sesuai target yang sudah ditetapkan.

"Selama pelaksanaan program Pembimbingan, diawasi oleh PK Bapas. Saya berharap, klien-klien yang hadir mendapatkan manfaat dari kegiatan pembimbingan ini," harap Parlindungan.

Diketahui, kegiatan Bimbingan Kepribadian Klien Bapas Mataram dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial NTB dan Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) NTB selaku Narasumber kegiatan, serta Staff Kanwil Kemenkumham NTB.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close