Breaking News

Peresmian Pustu Desa Bandok, Bupati Harapkan Bisa Dimanfaatkan dengan Baik

 

Peresmian Pustu Desa Bandok, Bupati Harapkan Bisa Dimanfaatkan dengan Baik

Pj.Bupati Lombok Timur H.Muhammad Juaini Taofik beri sambutan sebelum meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bandok, Selasa (23/01/2024). Foto Ist/Multasri/postkotantb.com
Lombok Timur (postkotantb.com) - Selain pendidikan dan ekonomi, kesehatan merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya tiga hal itu menjadi fokus pemerintah, termasuk di Lombok Timur. Hal tersebut terungkap saat Pj. Bupati Lombok Timur H.Muhammad Juaini Taofik menyampaikan sambutan sebelum meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bandok, Selasa (23/01/2024).

Kepada masyarakat yang turut hadir, ia mengingatkan bahwa derajat kesehatan ditentukan sejumlah faktor seperti lingkungan, prilaku, juga layanan kesehatan. Layanan kesehatan pada gilirannya dapat berpengaruh terhadap perubahan prilaku dan lingkungan.


Terkait Pustu Desa Bandok, Pj. Bupati mengingatkan agar dapat dimanfaatkan dengan optimal, kendati salah satu layanan tidak dapat dilakukan di pustu, yaitu melahirkan. Hal tersebut jelasnya mengacu pada peraturan perundangan.

Namun demikian layanan lainnya seperti pemeriksaan kesehatan tetap dapat dilakukan, termasuk kegiatan promotif dan preventif sebagai bagain dari upaya pencegahan penyakit. Ia mendorong masyarakat setempat memanfaatkan pustu untuk berkonsultasi terkait kesehatannya.

Karena itu ia memastikan kesiapan petugas kesehatan yang ditempatkan di pustu tersebut. Selain itu, mengantisipasi integrasi layanan primer, tidak hanya perawat yang ditempatkan di pustu, melainkan juga bidan.

Selain memastikan peralatan kesehatan yang mendukung pelayanan, Pj. Bupati Juaini juga menekankan agar ada kunjungan dokter ke pustu secara berkala. Tidak kalah penting, diingatkan pula agar mengutamakan pelayanan.

“Pelayanan harus diutamakan, jangan tanyakan punya uang atau tidak karena kita sudah UHC. 98 persen penduduk Lombok Timur sudah tercover BPJS,” tegasnya.

Kepala Desa Bandok Mujib menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Lombok Timur atas dukungan dan motivasi sehingga Pustu tersebut dapat dirampungkan.


“Berkat dorongan dan bimbingan serta arahan Pj. Bupati sehingga pustu ini dapat diresmikan, di samping itu sudah ada petugas dan alat-alat pelengkapnya pun juga sudah tersedia di dalam,” tuturnya senang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Forkopimcam, TP-PKK desa, tokoh agama dan masyarakat setempat. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close