Breaking News

Dispar Lobar Bakal Maksimalkan Seniman Lokal Saat Sambut Kapal Pesiar di Gilimas

 

Dispar Lobar Bakal Maksimalkan Seniman Lokal Saat Sambut Kapal Pesiar di Gilimas
Diskusi antara Dispar Lobar bersama operator kapal pesiar dan pelaku kesenian Gendang Beleq terkait penyambutan tamu yang baru turun dari kapal pesiar di Kantor Desa Lembar, Senin (5/2/2024). Foto Iwan Sopiandi/postkotantb.com
Lombok Barat (postkotantb.com) - Menindaklanjuti diskusi sebelumnya pada tanggal 1 Februari, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) mempertemukan langsung perwakilan Sanggar Seni Gendang Beleq di Kecamatan Lembar dengan Operator Tur Kapal Pesiar Pelabuhan Gilimas.

Diskusi membahas terkait memaksimalkan keterlibatan masyarakat, khususnya sanggar seni dalam penyambutan kapal pesiar yang datang.


Diskusi berlangsung di Kantor Desa Lembar Selatan yang dihadiri oleh perwakilan Dispar Lobar, operator tur kapal pesiar, perwakilan sanggar seni Kecamatan Lembar, dan Kepala Desa Lembar Selatan selaku tuan rumah, Senin (5/2/2024).

"Pertemuan ini untuk mencapai komitmen antara operator tur kapal pesiar dengan pelaku seni Gendang Beleq di Kecamatan Lembar, khususnya untuk penyambutan kapal pesiar yang datang ke Gilimas," jelas Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Lobar Irman Sumantri.

Dengan pertemuan ini, Irman berharap keterlibatan masyarakat saat kedatangan kapal pesiar khususnya pelaku seni Gendang Beleq di Kecamatan Lembar bisa lebih maksimal.

Muhsin, selaku perwakilan sanggar Gendang Beleq di Kecamatan Lembar merasa beryukur dengan kegiatan diskusi ini.

"Ini demi keberlangsungan sanggar-sanggar kita di Lembar yang selama ini telah menjaga kelestarian budaya kita. Jadi, kita buat kesepakatan langsung dengan operator tur kapal pesiar untuk selalu menggunakan jasa sanggar yang ada di sini," ucapnya.

Sementara, salah seorang operator tur kapal pesiar di Pelabuhan Gilimas, Heri Nurcahyono, mengatakan jika sejak awal memang sudah memaksimalkan penggunaan jasa seniman yang ada di Lobar untuk penyambutan kapal pesiar di Gilimas.

"Selama ini kita sudah ada vendor untuk menyediakan seniman saat penyambutan, jika sekarang kita sudah sepakat dengan memakai jasa teman-teman yang ada di Lembar kita bisa langsung kontak ke perwakilan yang hadir sekarang," ucap Heri.

Senada dengan Heri, operator tur lainnya yang hadir Mesrori merasa lega dengan pertemuan ini.

"Selama ini memang tidak ada masalah, jika sekarang sudah ada komitmen yang dibuat kami tentu siap, jangan sampai ada masalah kecil yang berdampak signifikan untuk pariwisata kita ke depannya," ucapnya. (IS)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close