Breaking News

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq Minta Ketersediaan Gas LPG 3 Kg Aman Jelang Ramadhan


Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq Minta Ketersediaan Gas LPG 3 Kg Aman Jelang Ramadhan
Abdul Rafiq.SH Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa
Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH meminta kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, untuk memastikan kecukupan dan ketersediaan gas LPG 3 kg di daerah.

"Ketersediaan gas LPG ini penting untuk diantisipasi oleh pemerintah daerah, terutama dalam kondisi cuaca yang buruk dan menjelang memasuki bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri. Peristiwa yang terjadi di daerah pada tahun sebelumnya, sempat terjadi kelangkaan karena permasalahan distribusi yang terkendala hari libur. Hal ini kami harapkan dapat diantisipasi lebih awal bersama seluruh stakeholder lainnya," ujar Rafiq di Sumbawa, Jumat (23/02/2024).

Rafiq menambahkan, saat ini harga has LPG 3 kg di beberapa kecamatan di Sumbawa terlampau mahal dan langka. Kalaupun ada, harganya jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Contoh di Kecamatan Alas, Plampang, Buer, dan Alas Barat perlu dipantau ke lapangan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa," imbuhnya.

Rafiq berharap pemerintah daerah dapat segera mengambil langkah-langkah kongkret untuk mengatasi permasalahan ini.


"Beberapa langkah yang dapat dilakukan di antaranya melakukan koordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kelancaran distribusi gas LPG 3 kg, mengawasi penyaluran gas LPG 3 kg agar tepat sasaran dan tidak terjadi penimbunan dan menindak tegas oknum-oknum yang menjual gas LPG 3 kg di atas HET," tegasnya.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan saat terjadi kelangkaan dan harga mahal, gas LPG 3 kg di Sumbawa dapat segera diatasi dan masyarakat Sumbawa  dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan tenang dan nyaman.

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setda Kabupaten Sumbawa Khairuddin SE mengatakan, bahwa pada Rabu (21/2/2024) lalu dirinya telah mengikuti rapat dengan para stakeholder seperti Sales Branch Manager II PT Pertamina Region V Sumbawa, pemilik SPBE, penyalur agen untuk memperhatikan stok dan quota gas LPG 3 kg menjelang Ramadhan.

"Mereka menyatakan siap memperhatikan suplai selama bulan suci Ramadhan," ucapnya.


Kemudian tambahnya, kuota sesuai perkembangan permintaan tahun 2023. "Kuota kita masih stabil dan suplai yang dulu melalui laut dari Lombok dengan  mobil tangki 13.000 kg, kini melalui Pelabuhan Pertamina Bima, sehingga yang selama ini sering terkendala kondisi cuaca dan kapal tongkang pengangkut khusus tanki dari Pelabuhan Lombok ke Poto Tano kini tidak menjadi hambatan lagi," pungkasnya (Lalu/Ruf)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close