Breaking News

Saat Musrenbang Praya, Bupati Pathul Bahri Singgung Potensi Jalur Dua Jelojok-Biao

 

Saat Musrenbang Praya, Bupati Pathul Bahri Singgung Potensi Jalur Dua Jelojok-Biao
Bupati Loteng HL.Pathul Bahri saat berikan pemaparan progres pembangunan Loteng di Musrenbang Praya, Senin (04/03/2024). Foto Isr/Lalu Irsyadi/postkotantb.com
Lombok Tengah (postkotantb.com) - Di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2025 di Kecamatan Praya, Senin (04/03/2024). Bupati Lombok tengah, HL.Pathul Bahri  S.Ip, M.Ap paparkan sejumlah capaian dan evaluasi di semua bidang estimasi tahun ke tahun hingga rencana kedepan salah satunya potensi pembangunan jalur dua Jelojok-Biao.


" Meski masih terkendala pembebasan lahan, harapan besar jalur dua Jelojok-Biao jika terealisasi potensinya sangat menguntungkan Loteng, bisa fasilitasi kegiatan berniaga, dari timur 2 jutaan orang yang akan dihadang ke pasar dan belanja di Mall Praya," gambaran Bupati.

Belum lagi, bagi mereka yang datang dari arah timur ingin ke Pelabuhan Lembar, tentu akan memilih jalan ini nanti sebagai perlintasan alternatif Jelojok Biao, Praya, Lalu ke Perempatan lampu merah Puyung dan Puyung ke selatan itulah perlu dibuka juga jalur dua supaya tembus ke jalur BIL Batujai.

" Fisibilitasinya harus jelas, kenapa kita takut berhutang, kantor Bupati saja sudah tuntas," Ucap Miq Pathul.

Beberapa progres lain yang juga jadi atensi Bupati antara lain pengembangan pembangunan Lapangan Muhajirin yang harus ditata sedemikian rupa. Beprinda PU diarahkan kroscek desainnya. Jangan sampai ada perbandingan, kalau perlu jauh lebih bagus dengan Sangkareang Mataram misalnya. Sudah ada air mancur, nomenklaturnya jelas, tinggal dimaksimalkan.

Lapangan Bunder sendiri dalam pemanfaatannya disiapkan sebagai sentral olahraga. Khusus sambut PON 2029 Bali, NTB, dan NTT, ikut jadi tuan rumah, Loteng dituntut siapkan venue, 8 cabang olahraga akan diperlombakan di Tastura.

Secara umum, Bupati klaim Visi Misi Pemkab Loteng sudah terlaksana. Disebutkan raihan yang sudah dicapai antara lain angka stunting dapat ditekan hingga 12,7 persen dibawah standar Nasional.  Angka kemiskinan sendiri digenjot hingga 12,73 persen dibawah rata-rata angka Provinsi 13 persen. Infrastruktur jalan hampir selesai. Insentif 1642 guru ngaji ditingkatkan, masjid ramah anak dikembangkan, jaminan kesehatan 327 Tuan Guru disiapkan begitupun untuk toga toma.

" Bagi ASN berprestasi, kami siapkan hadiah Umroh," umumnya.

Untuk Loteng sejahtera, 120 ribu pelaku UMKM dari 2021 hingga 2023 berhasil dimajukan, dibantu izin PRT nya, di Bimtek, sertifikasi halal.

Pengembangan sektor Pariwisata pun demikian, salah satunya pngembangan kawasan wisata Aik meneng dan Destinasi lainnya.


Disamping itu upaya pemajuan SDM sebagai salah satu infikator IPM selain Kesehatan Bupati Pathul meminta anak-anak tidak boleh putus sekolah. Ia juga mendorong para guru tetap menimba ilmu sampai S2 dan selanjutnya.

" Kami berkeyakinan dari tahun ke tahun Loteng terus bergerak maju, atas capaian yang kita telah raih bersama, kami ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen baik dilingkup Pemerintahan dan juga masyarakat yang telah bahu membahu mewujudkan harapan bersama," tandasnya. (Irs)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close