Breaking News

Ketua DPRD Abdul Rafiq Sebut Promosi Pariwisata dan Produk UMKM Kunci Kemajuan Daerah



Jakarta (postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH, menyampaikan bahwa promosi pariwisata dan produk UMKM merupakan aspek penting dalam memajukan suatu daerah.

Demikian poin penting diskusi awak media dengan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa di Jakarta Selasa pagi (07/5/2024).

Dikatakannya, bahwa Promosi Pariwisata dan Produk UMKM akan membawa manfaat penting diantaranya meningkatkan kunjungan wisatawan. " Promosi yang efektif dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke daerah kita. dan tentu nya secara langsung dapat meningkatkan pendapatan daerah" Ujarnya.

Kemudian lanjut Rafiq bakal calon Wakil Bupati Sumbawa ini peningkatan kunjungan wisatawan akan mendorong peningkatan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, pajak, dan retribusi.

Dieksplor lagi bahwa berkembangnya sektor pariwisata akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal, memperkenalkan budaya lokal, meningkatkan daya saing daerah.

" Daerah yang memiliki pariwisata dan UMKM yang maju akan lebih kompetitif dalam menarik investasi dan menciptakan peluang ekonomi baru" Imbuhnya

Baginya Peran Pemerintah sangat penting dalam membuat strategi promosi yang terarah.  Pemerintah perlu merumuskan strategi promosi yang terarah dan efektif untuk menjangkau target pasar yang tepat seperti memaksimalkan platform digital berupa website, media sosial, dan marketplace untuk mempromosikan pariwisata dan produk UMKM, membangun kerjasama

"Bekerjasama dengan pihak swasta, komunitas, dan influencer untuk mempromosikan pariwisata dan produk UMKM merupakan strategi yang tepat " Ujarnya

Meskipun demikian dirinya mengingatkan, bahwa tanpa infrastruktur yang memadai maka akan sulit membangun pariwisata kita. "Membangun infrastruktur yang memadai seperti jalan, bandara, dan akomodasi untuk mendukung kelancaran akses wisatawan adalah daya tarik utama dalam pariwisata. Oleh karenanya dirinya berharap flight penerbangan ke Sumbawa dapat ditingkatkan bila perlu ada juga flight malam" tegasnya.

Sebelum menutup diskusi malam ini, Rafiq menekankan bahwa mengembangkan SDM juga penting.  Meningkatkan kapasitas SDM di bidang pariwisata dan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan.

Pemberdayaan UMKM:

UMKM sebagai kunci kemajuan daerah maka iklim usaha UMKM juga perlu diperhatikan diantaranya memfasilitasi perizinan, mempermudah proses perizinan usaha bagi UMKM, memberikan pelatihan dan pendampingan  untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan manajemen usaha.

"Hal penting adalah membuka akses permodalan  bagi UMKM melalui program-program pemerintah dan kerjasama dengan lembaga keuangan, Disitu Pemerintah hadir" pungkasnya. (Lalu/Ruf)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close