Breaking News

MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Utara Ke-10 Dimulai dengan Menggelar Pawai Ta'ruf




Lombok Utara (postkotantb.com) -  Perayaan Misyabaqah Tilawagil Qur'an (MTQ) Ke-10 Tingkat Kabupaten Lombok Utara diawali dengan pawai Ta'ruf Senin sore 06 April 2024 yang diikuti oleh seluruh peserta MTQ, dari lima Kecamatan, Para Dewan Hakam, Seluruh OPD, Santri Santriwati Ponpes, Pelajar Pramuka dan masyarakat umum yang jumlahnya ribuan orang.

Kemudian malam hari Senin (06/4/2024) dilaksanakan pembukaan MTQ yang di pusatkan di halamqn  kantor bupati dengan para peserta MTQ, para pimpinan OPD, DPRD KLU, Para Camat, Perwakilan Gunernur NTB, Polres Lotara dan TNI, Camat, Para Kepala Desa serta seluruh Panitia MTQ.

Seperti biasa, bahwa sebelum dibuka oleh Bupati Lombok utara, terlebih dahulu disampaikan laporan Ketua Panitia Atmaja Gumbara, S.IP,  bahwa MTQ ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menyeleksi peserta kafilah Lombok Utara, yang telah dilaksanakan MTQ dan seleksi di seluruh Desa Se-KLU, Kecamatan sampai  MTQ ke-10 Tingkat KLU Tahun 2024. Rencana di Sumbawa
Alhamdulillah, setelah beberapa tahun terakhir tidak dilaksanakan MTQ Tahun ini baru dapat dilaksanakan.


Pada penyampaian Atmaja Gumbara juga menyampaikan beberapa hal sbb: Yang pertama,
Waktu Pelaksanaan
MTQ Ke-10 Tingkat KLU dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 6-10 Mei 2024.
Diawali tadi pagi dengan kegiatan Technical Meeting, dilanjutkan dengan pawai Taaruf dan tadi sore dilaksanakan Orientasi Dewan Hakim, dilanjutkan dengan pembukaan pada malam hari ini, kemudian pelaksanaan lomba sampai selesai dan penutupan nanti.

Tempat pelaksanaan acara
ada 7 tempat Arena dan Arena utama sebagai tempat penyelenggaran MTQ Ke 10 untuk Cabang Tilawah yaitu bertempat di halaman kantor bupati Lombok Utara, beberapa tempat untuk cabang lomba lainnya yaitu di Masjid Agung Baiturrahim tanjung, Masjid Al-Muttaqin dusun Lendang Kaoq, Pondok Tahfiz Nurul Hidayah Gubuk Baru Tanjung, serta arena 5, 6 dan 7 di gedung SMP Negeri 1 Tanjung.

Adapun terkait jumlah cabang mata lomba yang akan diikuti yaitu sebanyak 8 cabang lomba yang terdiri dari 24 golongan diantaranya cabang Tilawah, Cabang Qiro’at, Cabang Hifzil Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Khatmil Qur’an, dan Cabang Makalah Ilmiah Al-Qur’an.


Sementara peserta yang akan mengikuti MTQ Tingkat KLU ke-10 tahun 2024 ini sebanyak 221 orang dengan rincian yang di mulai dari Kecamatan Pemenang, Tanjung dan Kayangan masing-masing 48 orang, Kecamatan Gangga 38 orang dan Kecamatan Bayan 39 orang sehingga total berjumlah 221 orang peserta yang merupakan putra dan putri terbaik asli dari Lombok Utara. ungkapnya.

Adapun para pakar dewan hakim yang melakukan penilaian pada MTQ ke-10 Tingkat KLU ini berjumlah 70 orang dan InsyaAllah para dewan hakim adalah para pakar yang berkompeten memberikan penilaian sesuai bidang masing-masing.

Semoga dengan pelaksanaan MTQ ke-10 ini, dapat menjadi spirit bagi kita semua untuk terus beriktiar bersinergi demi kemajuan KLU, harapnya.

Sementata kegiatan MTQ Ke 10, menurut Atmaja Gumbara akan berlangsung selama 5 malam hang di mulai dari tanggal 6 s/d 10 April 2024.
Selanjugna Pembacaan Surat Keputusan Bupati (SK) oleh Kabag Kesra Setda KLU Alwi Agusto, S.SI, M.Pd yang di lanjutkan dengan sambutan Bupayi Lombok Utara, H Djohan Sjamsu. SH. (@ng)

Bersambung...

 

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close