Breaking News

Wujudkan UMKM Sigap dan Naik Kelas, Lobar Gelar Pameran UMKM



Lombok Barat (postkotantb.com) - Pemkab Lombok Barat menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM membuka Bazar UMKM dan Perluasan Jaringan Usaha Mikro di Pantai Tanjung Bias, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat pada Jumat (10/5/2024).

Pj Sekda Lombok Barat H. Fauzan Husniadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah mendukung penuh pelaksanaan Bazar UMKM dan Perluasan Jaringan Usaha Mikro ini.


Menurutnya kegiatan ini sangat diperlukan untuk menguatkan jaringan dan konsolidasi UMKM agar dapat maju dan naik kelas. Tentunya hal ini sejalan dengan jargon Lombok Barat Sigap yang saat ini menjadi semangat bagi Lombok Barat dalam melaksanakan program pembangunan.

"Kami berharap agar UMKM Lobar semakin maju dan naik kelas. Tentunya hal ini seirama dengan semangat dan jargon Lombok Barat Sigap dalam ikhtiar memaksimalkan program pembangunan di Lobar,'' ujarnya.

Lanjutnya, UMKM di Lombok Barat telah menggunakan sistem digital dalam pemasarannya. Hal ini diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran UMKM. Ia juga berharap agar Kementerian Koperasi dan UKM dapat terus mendukung kegiatan seperti ini di waktu yang akan datang.

Sementara itu, Deputi Bidang Usah Mikro yang diwakili oleh Analis Kebijakan Madya Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Alfi Zahra, menyampaikan Perluasan Jaringan Usaha Mikro sangat dibutuhkan untuk mendorong UMKM naik kelas. Hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan sistem digital atau digitalisasi pada UMKM.

Hal ini menyesuaikan dengan tuntutan zaman yang sudah serba digital dan cepat. Ia juga mengapresiasi kegiatan Bazar UMKM dan Perluasan Jaringan Usaha Mikro yang diselenggarakan di kawasan wisata Tanjung Bias.


"Semoga UMKM Lobar semakin maju dan naik kelas. Tentu kita harus menuju UMKM digital sesuai dengan perkembangan zaman,'' ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Barat M. Hendrayadi, menyampaikan kegiatan Bazar UMKM ini diharapkan dapat menguatkan konsolidasi dan persatuan UMKM di Lombok Barat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong UMKM Lombok Barat semakin maju dan naik kelas. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, utamanya Kementerian Koperasi dan UKM atas dukungan penuh dalam kegiatan ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sejak 10-12 Mei 2024. Kegiatan ini menampilkan berbagai hasil produksi UMKM di Lombok Barat. Ia meminta agar masyarakat Lombok Barat untuk mengunjungi stand-stand UMKM pada bazar ini sebagai bentuk dukungan nyata dalam memajukan UMKM Lobar, sehingga bisa naik kelas.

"Mari kunjungi Bazar UMKM di Pantai Tanjung Bias sambil berwisata dari tanggal 10-12 Mei 2024," ujarnya.


Setelah kegiatan pembukaan Perwakilan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi bersama pejabat propinsi dan Lombok Barat melakukan kunjungan ke stand-stand UMKM.

Hadir dalam kegiatan pembukaan ini Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Koperasi Propinsi NTB, Asisten II dan III Setda Lobar, Kepala Dinas Koperasi Lobar, sejumlah Kepala OPD dan masyarakat Lobar. (Iwan.S)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close