Breaking News

Pemda Sumbawa Hadiri Tradisi "Sedekah Zakat" Warisan Budaya Leluhur Masyarakat Lebangkar

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) -
Bupati Sumbawa diwakili oleh Seketaris Daerah Sumbawa, DR. Budi Presetiyo S.Sos M.AP beserta rombongan menghadiri acara Sedekah Zakat, acara tersebut turut hadir pula Ketua MUI Kabupaten Sumbawa, Dea Guru Syukri Rahmat, S.Ag, M.Inov, Camat Ropang, Camat Lantung, Kepala Desa Lebangkar dan Tokoh Masayarakat bertempat di Masjid Nurul Hikmah Desa Lebangkar Kecamatan Ropang, Senin (03/5/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Lebangkar, Ungang Abdullah mengaku sangat bangga dan sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat karena tradisi ini merupakan warisan budaya dari leluhur sejak pindah dari Dodo tahun 1935 sampai sekarang tidak pernah alpa untuk menyelenggarakan tradisi ini.

Adat semacam ini prosesinya 3 hari yaitu hari pertama persiapan untuk acara syukuran nimung (sejenis beras ketan yang dimasak pakai batang bambu) di sawah dan ladang masing-masing warga.
hari kedua puncak perayaan secara total masyarakat di sawah dan di ladang melaksanakan seperti adat nimung. pada hari yang ketiga adalah puncak syukuran yakni makan bersama di masjid, paparnya.


Ditegaskan Kades, acara ini kebanggaan warganya karena sejak pindah dari Dodo sampai sekarang ada dua yang bisa diwarisi yaitu tradisi sedekah, dan bahasa kami yang tidak ada kesamaan dengan bahasa Sumbawa sedikitpun.

"kalaupun ada itu sudah teradopsi makanya bahasa keseharian kami disini adalah bahasa khas, tidak ada yang berbahasa sumbawa maupun bahasa indonesia. itulah yang dapat kami pertahankan sampai sekarang yaitu sedekah Zakat dan bahasa khas kami", ungkapnya.

Kepala Desa Lebangkar berharap kepada pemerintah agar infrastruktur jalan bisa  diperhatikan supaya perekonomian masyarakat menjadi lancar. selain itu Wilayah Selatan ini adalah sumber kekayaan Sumbawa pada umumnya karena dikelilingi oleh para tambang, tandasnya

Di tempat yang sama, ustad Syukri Rahmat dalam ceramahnya menerangkan bahwa sedekah zakat ini adalah pembersih diri sendiri serta harta benda. disamping itu, sedekah zakat juga dapat menolak bala atau marabahaya.

"karena itu mari kita selalu mengeluarkan sedekah zakat agar Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan limpahan rezekinya kepada kita semua," tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah menyampaikan, kegiatan ini merupakan momentum kebersamaan untuk meningkatkan rasa syukur warga masyarakat terhadap pemberian Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas hasil panen dan semua usaha, sehingga memberikan dampak yang luar biasa. mudah-mudahan tradisi yang sejak tahun 1935 tetap dipertahankan oleh masyarakat Lebangkar.


Sekretaris Daerah menerangkan, untuk masalah infrastruktur jalan akan menjadi high prioritas tahun depan, tentu berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di kecamatan di wilayah Selatan.

"besok kita akan melaksanakan rapat mengenai masalah pembangunan tersebut." Tukas Sekda. (Indra)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close