Breaking News

Dekranasda KLU Berharap Pemda Menyediakan Tempat Galeri untuk Menampung Seluruh Prodak UMKM

 


Lombok Utara (postkotantb.com) - UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi, penyedia lapangan kerja dan pemberi kontribusi terhadap pendapatan nasional. UMKM juga seringkali menjadi sumber inovasi dan keberagaman produk di pasar  dalam memperkaya ekosistem bisnis.

Kepala UPTD-PLUT KUMKM Kabupaten Lombok Utara, Syaiful Bahri, S.Adm, dalam pengantarnya mengatakan "Bermunculannya wirausaha wirausaha baru yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk menjadi tantangan bagi pelaku usaha yang mengharuskan mereka untuk meningkatkan kapasitas diri maupun produk dan mampu membaca peluang pasar sehingga tidak tergerus oleh perkembangan zaman".


Berbicara mengenai peluang pasar, membatik sebagai salah satu seni tradisional dalam membuat kain sangat digemari oleh masyarakat,  proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menerapkan lilin dengan pewarna yang kemudian menghasilkan motif yang khas dan kompleks, Terang Syaiful Bahri di hadapan para undangan dan peserta.

Peminat batik inipun setiap tahun selalu meningkat seiring dengan kebutuhan pasar akan fashion, baik itu sebagai seragam di lingkup sekolah atau perkantoran maupun sebagai pelengkap aksesoris  seperti tas, topi, souvenir dan lain lain,
Syaiful Bahri menambahkan, "Berkaitan dengan hal tersebut, UPTD-PLUT KUMKM Kabupaten Lombok Utara yang merupakan wadah untuk mencetak wirausaha baru yang dilengkapi dengan fasilitas inkubator bisnis bagi pelaku usaha, Berkerja sama dengan Dekranasda  KLU, akan mengadakan kegiatan Bimtek pelatihan batik dengan motif khas Lombok Utara, yang bertujuan untuk mencetak wirausaha baru yang bergerak di bidang industri batik, yang nantinya dapat memenuhi permintaan pasar baik dari dalam daerah maupun luar daerah kabupaten Lombok Utara.


Adapun tujuan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan keterampilan kepada peserta dalam pembuatan batik yang mencakup pemilihan motif khas Lombok Utara , tekhnik penerapan dan tekhnik pewarnaan. Meningkatkan prekonomian masyarakat khususnya peserta pelatihan melalui produksi dan penjualan batik

Meningkatkan daya tarik destinasi pariwisata daerah dengan munculnya produk kain batik dengan motif khas Lombok Utara baik kepada wisatawan lokal maupun internasional dan Mendorong inovasi dalam desain dan aplikasi batik sehingga dapat meperluas pasar dan meningkatkan daya saing di pasar domestic maupun mancanegara.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah "Meningkatnya kemampuan dan keterampilan pelaku usaha baik secara teori maupun praktek membatik sehingga terjadinya peningkatan volume usaha baik dari segi produksi dan pemasaran yang pada akhirnya berimbas kepada peningkatan perekonomian yang signifikan".

Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini adalah 35 (tiga puluh lima) peserta yang berasal dari lima Kecamatan Se Kabupaten Lombok Utara.

Koordinator dan Narasumber
yang akan memfasilitasi kegiatan ini terdiri dari 5 orang Konsultan PLUT Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Lombok Utara.

Sedangkan Narasumber dalam pelatihan ini terdiri dari 2 orang, yaitu Harvia Hayati,
(Owner dari Sasakriyatif, Industri batik dan Ecoprint) KLU dan Raden Winata Dharmajaya S.IKom, MA,  (owner dari Wastradaya, industri batik khas) KLU.
 
Pelaksanaan kegiatan di Aula PLUT Lombok Utara dan berlangsung selama 3(tiga) hari yakni Senin-Rabu, 8-10 Juli 2024.


Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian KLU, H Haris Nurdin, S.Sos didampingi Sekretarisnya, Nurdin, dan Kabid Koperasi, menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada terhingga atas dukungan dan kerjasama dengan pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Lombok Utara
Ibu Hj. Galuh Nurdiyah.
Pada penyampaian Ketua Dekranasda KLU, berharap kepada pemda KLU untuk menganggarkan lokasi dan tempat/Toko Galeri sebagai tempat untuk menampung prodak prodak UMKM dan mempermudah tamu pemda serta wisatawan untuk mencari buah tangan atau oleh oleh mereka. Selama ini baik tamu pemda maupun wisatawan belim ada tempat yang tersedia khusus untuk hal yang di maksud, ungkap Hj Galuh Nurdiyah selaku ketua Dekranasda KLU. (@ng)

Bersambung......

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close