Breaking News

H Musyafirin Bersama Komisi V DPR-RI Berhasil Lobi Menteri PU

Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Guna menunjang  pembangunan Infrastruktur  serta normalisasi kelanjutan rawa lebo , Pemerintah Sumbawa Barat memanfaatkan kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengoptimalkan realisasi target pembangunan di daerah setempat.

Pemerintah setempat menilai, kegiatan Pra Konsultasi Regional (Konreg) PU wilayah Bali Nusa Tenggara, 2017 di Surabaya, Jawa Timur menjadi momentum mengangkat isu dan rencana strategis kementerian  PU soal pengembangan pembangunan strategis nasional  bisa membuka ruang bagi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memperjuangkan infrastruktur strategis bedampak ekonomi dan sosial luas bertujuan Dalam rangka keterpaduan perencanaan pembangunan infrastruktur PUPR Tahun 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW)

 “Beberapa hari ini Bupati bersama Komisi V DPR RI bertemu Menteri PU guna memperkuat proyek strategis nasional di Sumbawa Barat,” kata, Amar Nurmasnyah, ST, pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU)  dalam keterangan persnya, Kamis ( 24/8) di Jakarta.

Amar menegaskan, Bupati, H.Musyafirin bersama Anggota DPR RI Komisi V, Rahmad Hidayat anggota Fraksi PDI P  dapil NTB dan Nusyrwan anggota Komisi yang juga pengurus pusat PDIP P di terima Menteri PU PR, Basuki Hadimujono, diruang kerjanya.

Beberapa infrastruktur tersebut antara lain, proyek pembangunan bendungan raksasa Bintang Bano (sudah running) dan Jaringan Irigasi yang dimulai 2018 multy years sepanjang 700 Meter.

Selanjutnya, jalan penghubung dermaga Lalar hingga PLTU Kertasari 85  kilo meter tahun 2018. Talud Danau Rawa Taliwang 2018  multy years sepanjang 470 Meter serta fasilitas penaggulangan banjir kota sepanjang 430 meter yang dikerjakan secara multy years juga.

Konreg Kemen PU wilayah Bali Nusra Tenggara diselenggarakan guna mengidentifikasi isu strategis soal pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Khusus wilayah NTB, Pemrov NTB melalui dinas PU juga ikut mendorong percepatan infrastruktur strategis nasional bisa terealisasi sesuai target. Termasuk didalamnya realisasi pembangunan rumah nelayan di Poto Tano yang menelan anggaran Rp 14 Milyar untuk 70 unit rumah, hal tersebut guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam keterangannya, Amar menjelaskan  Pra Konreg yang diadakan di Selanjutnya, Pra Konreg kedua, dilaksanakan di Kota Surabaya, 15 hingga 17 Maret 2017 dan dihadiri para peserta dari seluruh provinsi di Pulau Jawa, Provinsi Bali, dan Nusa Tenggara Barat telah berhasil memadukan perencanaan pembangunan infrastruktur seluruh pulau dan kepulauan di Indonesia. Pembangunan infrastruktur diharapkan bisa meningkatkan belanja daerah dan pada akhirnya dapat mendongkrak Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di berbagai daerah termasuk didalamnya Kabupaten Sumbawa Barat.

"Pra Konreg  saat itu adalah proses yang bermanfaat sekali, karena program-program prioritas dapat dibahas secara serius. Setidaknya 80 persen program mendapat persetujuan dari daerah," ungkapnya di Jakarta

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifudin ST  memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian PUPR atas penyelenggaraan Pra Konreg  yang telah dilaksanakan di Surabaya  yang dirasakan sangat bermanfaat terutama bagi pengembangan daerahnya. Fud  juga memuji Kementerian PUPR yang selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dengan baik.

Menurut Fud, Pra Konreg memiliki empat tujuan, yaitu, pertama, melakukan identifikasi awal isu-isu strategis PUPR. Kedua melakukan identifikasi awal terkait rencana aksi atau output pekerjaan strategis dalam RPJMN. Ketiga, melakukan konsolidasi program Tahun 2018 antara Kementerian PUPR dengan pemerintah daerah melalui dinas yang menangani bidang PUPR termasuk sinkronisasi antar sektor. Kemudian yang keempat adalah melakukan sinkronisasi, mensinergikan, dan menterpadukan kebutuhan infrastruktur di masing-masing WPS untuk tahun 2018.

“ itulah Beliau ( Bupati ) , langsung menindak lanjuti dari hasil Pra Kongreg dengan menemui Menteri PU bersama Plh PU-PR di Jakarta “ kata Fud ( edi Chandra )

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close