Breaking News

Bandara ZAM cara menghormati kepahlawanan ulama



Mataram (postkotantb.com) - polemik dan kontroversi perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL)  menjadi ZAM Air Port sangat kontraproduktif jika terjadi pembiaran yang  berlarut - larut tanpa titik temu.

Tentu ini  akan merugikan citra baik masyarakat Gumi Pair Lombok  yang terkesan tidak kompak dan bersatu. Padahal sebagai pulau pulau seribu masjid, masyarakat harusnya bangga salah satu tokoh  pahlawan nasionalnya diabadikan namanya dlm prasasti Bandara Internasional ZAM.

Konfrontasi wacana dan aksi pro-kontra, jika tidak ada penyelesaian secara holistik dan kultural  akan merugikan semua pihak yang bersengketa. Stigma lama bahwa masyarakat Lombok sulit bersatu dan mudah dipecah belah semakin kuat pembenarannya.

Demikianlah diungkapkan oleh Lalu Andi Sumantri salah satu tokoh loteng dari Desa Penujak, Jumat  (14/9).

Mamiq Andi mengaku prihatin dan tidak habis pikir mengapa  urusan penggantian nama bandara internasional Lombok diributkan secara terbuka. Padahal dengan perubahan nama tersebut, secara  religius dan kultural ada penghormatan kepada  ketokohan TGH Zainuddin Abdul  Majid sekaligus wujud Bhakti warga Gumi Pair  menghormati peran kepahlawanan dan perjuangan TGH Zainuddin Abdul Madjid. "Sebagai Umara tidak ada yang salah dalam pengabadian nama TGH Zainuddin Abdul Madjid sebagai nama bandara internasional di pulau Lombok," ungkapnya.

Mamiq Andi menambahkan dirinya merasa khawatir jika polemik  ini tidak ditangani secara bijaksana oleh para stakeholder yang terlibat. Segresi sosial ini akan menjadi pintu masuk timbulnya konflik horizontal yang lebih massif.
" Untuk itu Pemerintah  segera turun tangan menenangkan situasi meregangnya  sosial kemasyarakatan yang sedang menyimpan bara api ini," bebernya.

Moderasi Ekskalasi Konflik
Sementara itu tokoh Pemuda Milineal lintas Ummat , Sudirman Harianto melihat kecendrungan meluasnya ekskalasi konflik pro kontra soal isu bandara diduga atau ditengarai faktor X dibalik isu ini. Hal ini terlihat dari tampilnya sejumlah tokoh elit yang tidak bebas kepentingan dalam menggalang  euphoria psykologi massa dengan jargon -jargon perlawanan.

" Segera melakukan moderasi Ekskalasi Konflik penting dilakukan agar tidak menjadi bola liar yang tidak bisa dikontrol," tambahnya sembari mengatakan perluasan konflik isu bandara ini terlokalisir diseputaran kalangan tokoh dan elit  yang saling berseberangan sikap dan pendapat.

" Sementara itu posisi tawar rakyat diduga hanya dijadikan landasan legitimasi. " Massa Rakyat sebagian besar diorganisir secara instan, mereka bergerak bukan atas “kesadaran indigenous” dalam memahami peta masalahnya," paparnya.

Menurutnya,  dalam konflik ini yang *bertempur wacana* hanya sebatas elit politik. Proses penyelesaian atau mediasi konfliknya lebih mudah terlokalisir  karena tanpa melibatkan kekuatan rakyat dalam arti sesungguhnya.

"Model penyelesaian sangkep mencari titik temu diantara para elit penting dikedepankan secara adil dan transparan untuk mengurai permasalahan dari semua aspek," pungkasnya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close