Saturday, May 25, 2019

Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Di Pulau Sumbawa DI Pastikan Terpenuhi Hingga Lebaran

Operation Head Pertamina Depot (TBBM) Badas Sumbawa Satrio Hadi Wibowo
Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Hingga Dompu dipastikan aman hingga lebaran mendatang.
Hal tersebut disampaikan oleh Operation Head PT Pertamina Persero Terminal BBM (TBBM) Badas Sumbawa, Satrio Hadi Wibowo, Jum’at (24/05/2019) di ruang kerjanya. Idul  Fitri 1440 Hijriah atau lebaran sudah dekat tinggal menghitung hari.. Tentunya arus mudik kendaraan diprediksi akansemakin  bertambah. Hal ini akan berkorelasi dengan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi para pengendara.
Di  Sumbawa, Depo Pertamina Tanjung Badas Sumbawa, selaku distributor BBM ke sejumlah SPBU menyatakan bahwa stok BBM aman untuk lebaran tahun ini. Penyaluran ke SPBU tetap normal seperti biasa.

Kepala Depo Pertamina Tanjung Badas, Satrio Hadi Wibowo, ditemui disela kegiatannya mengatakan, pihaknya akan melayani sesuai permintaan SPBU. Hingga saat ini pun tidak ada kendala baik stok maupun penyaluran ke SPBU.

Dikatakan, stok BBM yang ada di TBBM Badas saat ini kurang lebih 9,6 Kilo Liter (KL) dari semua jenis BBM yang ada yakni Premium, Solar, Minyak Tanah, Pertalite, dan Pertamax.
Ia merincikan, stok untuk Premium sebanyak 1.513 KL, Solar 5.430 KL, Minyak Tanah 1.134 KL, Pertalite 250 KL, dan Pertamax sebanyak 1.006 KL. Terhadap ketahanan stok tersebut kata dia, masing-masing jenis tersebut diperkirakan bertahan  hingga 10 hari kedepan, terkecuali pertamax diperkirakan hingga 20 hari ke depan.

“untuk stok sendiri ketahanannya rata-rata 10 hari, sebelum mencapai masa kritis, kurang dari tiga hari biasanya kapal pengangkut BBM kami sudah datang guna mensuplai kembali minyak yang ada disini,” sambungnya.

Terkait permintaan masyarakat, menurutnya pada H-2 hingga H+2 lebaran permintaan masyarakat diperkirakan meninggkat hingga 2% dibandingkan hari biasanya. Untuk itu kata dia, pihaknya akan siagakan petugas termasuk karyawan maupun awak mobil tangki. Pertamina juga akan menyiapkan pasokan di beberapa SPBU yang termasuk titik keramaian seperti di SPBU Labuhan Punti, SPBU Karang Dima Dan SPBU Kebayan,Utan dan Lape.   Untuk jalur utama yang dilintasi pemudik Pertamina memang menyiagakan operasional SPBU selama 24 jam, ditambah dengan bantuan agen-agen SPBU.

“untuk kesiapan tenaga, selama masa ramadhan dan menjelang hari raya sampai dengan pasca hari raya kita melakukan Satgas Rafi 2019, jadi kita siaga 24 jam baik karyawan maupun awak mobil tangki, sehingga biasanya pada saat H-2 dan H+2 lebaran terjadi kenaikan sekitar 1 sampai 2 persen permintaan dari masyarakat,” jelasnya.

“oleh karena itu kita antisipasi dengan menyiagakan petugas, kemudian kita juga memulai penyaluran lebih awal mulai jam 4 pagi, sehingga pendistribusian BBM ke SPBU yang ada di Sumbawa, KSB, maupun Dompu dan Bima tidak sampai larut malam,” pungkasnya. (SHK)

No comments:

Post a Comment