Post Kota NTB Direktur Utama Aminuddin

Parade Defile dan Karnaval Budaya Meriahkan Hari Juang TNI AD dan HUT NTB

, Tuesday, December 17, 2019 WIB Last Updated 2019-12-17T04:37:41Z
Salah satu peserta para defile meriahkan hari Juang Kartika TNI AD yang bersamaan dengan HUT NTB ke 61
Mataram (postkotantb.com)- Usai menggelar Upacara peringatan HUT ke 61 Provinsi NTB tahun 2019 di lapangan Kantor Gubernur NTB dengan Inspektur Upacara Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE. M.Sc., acara dilanjutkan dengan Parade Defile yang diikuti seluruh peserta upacara baik TNI, Polri dan perwakilan ASN masing-masing Kabupaten/Kota di jalan Penjanggik dengan titik star Depan Lapangan Sangkareang menuju Masjid Islamic Center Hubbul Wathon Mataram. 

Acara defile dan defile budaya NTB disaksikan langsung Gubernur NTB, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, MM., Forkopimda NTB.

Komandan Korem 162/WB dalam wawancaranya menyampaikan Parade Defile ini dilakukan untuk memeriahkan HUT Provinsi NTB ke 61 dan juga untuk memeriahkan Hari Juang TNI AD ke 74 tahun 2019.

"Sebenarnya Peringatan Hari Juang TNI AD pada tanggal 15 Desember kemarin, namun karena waktunya berdekatan dengan HUT Provinsi, jadi kami padukan sehingga sinergitas, kekompakan dan kebersamaan terbangun dengan baik" ujar Danrem.

Menurutnya, yang menarik pada parade defile budaya ini, selain para pesertanya menggunakan pakaian adat Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo) yang merupakan ciri khas masyarakat NTB, juga dibagi kedalam beberapa kelompok sesuai dengan zaman Gubernur masing-masing.

Misalnya, sebut pria kelahiran Jakarta tersebut, periode pejabat Gubernur pertama membawa kesan pada masa itu, begitu juga dengan Gubernur-Gubernur berikutnya termasuk tahun berdirinya Kabupaten/Kota disesuaikan dengan masa Gubernurnya.

Beberapa rangkaian menyambut peringatan Hari Juang TNI AD yang sudah dilaksanakan antara lain reboisasi, karya bhakti pembersihan pantai, operasi katarak, operasi bibir sumbing, ziarah rombongan ke TMP dan lainnya. 

Selain parade defile dan pawai budaya, acara juga dimeriahkan oleh karnaval komunitas Brotherhood MC Indonesia, Moge, Club Vesva Grand Army, Club Mobil Wilis, sepeda ontel, sepeda motor Babinsa dan mobil Danramil jajaran Korem 162/WB mengelilingi Kota Mataram dengan titik start dan finish Masjid Islamic Center Hubbul Wathon.

Setelah melaksanakan rangkaian parade defile budaya Sasambo, acara dilanjutkan dengan acara doa dan makan bersama (begibung) di Hall Islamic Center Mataram.(RZ) 
Komentar

Tampilkan

Terkini