-->

Pemkab Lobar Anggarkan 46 Milyar Tata Kawasan Senggigi

, Friday, January 10, 2020 WIB Last Updated 2020-01-10T06:36:03Z

Bupati Lobar sebut Pemkab Lobar alokasikan 46 Milyar untuk menata wajah Senggigi
Lombok Barat (postkotantb.com)- Penataan kawasan wisata Senggigi akan segera di lakukan oleh Pemkab Lombok Barat. Bahkan khusus penataan Senggigi Pemkab Lobar akan mengalokasikan anggaran sebesar 46 Milyar rupiah pada tahun ini.

Anggaran ini tidak termasuk dengan penanganan sampah dan listrik. Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid yang di temui di sela sela peresmian Balai Mediasi di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar, Rabu (8/1) mengatakan untuk penanganan sampah di kawasan Senggigi pihaknya mengalokasikan 7 Milyar rupiah di luar anggaran 46 Milyar tersebut.

Sementara untuk penangan listrik Pemkab Lobar menggunakan sistem KPBU yakni kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha dalam hal penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu kepada spesifikasi yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah/BUMN/BUMD yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memerhatikan pembagian risiko di antara para pihak.

"Saya buka saja khusus untuk Senggigi kami alokasikan 46 milyar rupiah, merubah wajah Senggigi, anggaran ini di luar penanganan sampah dan listrik. Khusus untuk sampah di anggarkan 7 Milyar sementara untuk listrik kita menggunakan pola KPBU," urai Fauzan.

Khusus untuk persoalan listrik di kawasan Lobar, Pemkab Lobar bersama dengan DPRD Lobar saat ini sedang menggodok payung hukum kerjasama KPBU tersebut. Menurut Fauzan Perda KPBU di targetkan akan tuntas pada minggu kedua bulan Februari. Saat ini juga Pemkab Lobar sedang melakukan  komunikasi dengan pihak penjamin di pusat. Setelah itu lanjut mantan ketua KPU NTB, setelah perda tuntas di lanjutkan dengan tender dan bulan Mei semua program kelistrikan di Lobar akan mulai di kerjakan.

"Eksekutif bersama legislatif saat ini sedang membahas perda (pola kerjasama KPBU), dan kami juga sedang berkomunikasi dengan lembaga penjamin di pusat untuk pembiayaan," jelas bupati.

Pemkab Lobar sendiri akan memasang penerangan di 15.000 titik dan khusus untuk kawasan Senggigi pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di targetkan akan tuntas pada bulan Juli.

"Keseluruhan ada 15.000 titik se Lombok Barat dan Senggigi menjadi yang pertama, nanti di jalan protokol (jalan nasional), jalan provinsi dan kabupaten akan kita pasang, kita targetkan bulan Juli di kawasan Senggigi akan tuntas," pungkas Fauzan Khalid.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini