Wagub Ingatkan Pembangunan Desa Wisata Selaras Dengan Peningkatan SDM

, Wednesday, January 29, 2020 WIB Last Updated 2020-02-12T05:43:05Z
Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah bercengkrama dengan masyarakat di desa wisata lingkar bandara
Lombok Tengah (postkotantb.com)- Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah di dampingi sejumlah pejabat teras Pemprov NTB, Rabu (29/1) mengunjungi sejumlah desa wisata di lingkar bandara Lombok Tengah

Dalam kunjungannya Wagub mengingatkan penataan desa wisata harus mengedepankan kesejahteraan masyarakat yang selaras dengan nilai kebudayaan yang sesuai dengan harapan masyarakat. Semua program pembangunan desa wisata tidak boleh mengorbankan atau mengabaikan pembangunan dasar lainnya.

Kebutuhan dasar yang harus diutamakan dalam membangun desa wisata ujar Wagub adalah pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi. 

"Kita ingin melihat langsung bagaimana perkembangan desa wisata selama ini. Kami juga akan selalu memperhatikan pembangunan dasar lainnya. Artinya selain mengembangkan wisata desa, kami juga akan perhatikan pembangunan dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat," ungkap Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat meninjau keempat desa wisata. Diantaranya Desa Penujak, Tanah Awu, Sengkol dan Ketare.

Dalam kunjungannya Wagub memantau  normalisasi sungai Penujak, mengunjungi kampung pengrajin gerabah hingga ke pasar tradisional. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi pembangunan pasar seni serta akses jalan pemukiman di Desa Tanah Awu. 

Rohmi juga menyempatkan diri mengunjungi pembangunan Rumah Sakit Internasional Mandalika, melihat infrastruktur jalan dan bersilahturahmi dengan masyarakat di kantor Desa Sengkol. Kunjungan di akhiri dengan berdiskusi dengan masyarakat dan kepala Desa Ketare.

Rohmi menjelaskan pengembangan desa wisata merupakan ikhtiar pemerintah dan masyarakat untuk menyambut tujuan wisata dunia ke depan. Pemerintah provinsi ujar Rohmi harus mampu menjawab segala kebutuhan desa. Baik untuk perbaikan akses jalannya, keamanan desa serta kebersihan desa-desa wisata. Maupun ketersediaannya berbagai fasilitas pendukung lainnya.

“Kami hadir untuk mendengarkan segala kebutuhan masyarakat keempat desa itu. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan desa wisata, insyaAllah pemerintah provinsi akan bantu,” pungkas Wagub.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini