Breaking News

Tinjau Kesiapan Tanggap Bencana, Polres Lobar Gelar Latihan Gabungan


Lombok Barat (postkotantb.com)- Polres Lombok Barat menggelar latihan gabungan terkait SAR di kantor Basarnas NTB, latihan gabungan ini untuk melihat kesiapan Lombok Barat dalam menangani bencana, Kamis (27/2).

Adapaun yang mengikuti Latihan SAR ini, yaitu dari Polres Lombok Barat diikuti oleh Sat Samapta dan Sat Polair, Personel dari Sat Pol PP Kab. Lobar, Personel BPBD Kab. Lobar dan Personel Basarnas NTB.

Dalam latihan gabungan tersebut, Seluruh peserta Latihan, mendapat materi dari  Instruktur Basarnas sekaligus dilanjutkan dengan praktek dilapangan.

Kasat Sabhara Polres Lobar Iptu Adam Utoyo S.Sos mengatakan, materi yang diberikan meliputi cara membuka jalan nafas (head tilt chin left & jaw thrust), Teknik pernapasan buatan, Teknik resusitasi (cara memompa jantung),  mengetahui tanda-tanda korban meninggal dunia seperti  lebam mayat, kaku mayat, pembusukan mayat dan cedera yang mematikan. Selain itu, diperkenalkan jenis tali pengaman yang di pergunakan naik maupun turun tebing/dari ketinggian.

Sedangkan untuk praktek dilapangan, meliputi praktek latihan turun tebing dan praktek cara turun tebing dengan membawa korban.

Lanjutnya, tujuan dari pelaksanaan Latihan Gabungan ini untuk meningkatkan sinergi dengan Instansi terkait, menyangkut penanganan bencana.

Selain itu, untuk menindaklanjuti arahan Kapolres Lombok Barar untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menangani bencana.

Saat ini di wilayah Lombok barat memasuki musim penghujan, serta Polres Lombok Barat masih melaksanakan Operasi Aman Nusa II tentang penanggulangan bencana alam, sehingga Polres Lombok Barat bersinergi dengan Instansi terkait dalam penaggulangan bencana di Lombok Barat. (Eka)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close