Kapolda NTB Kagum Dengan Aplikasi Pelayanan "Jaga Sumbawa Barat"

, Friday, June 05, 2020 WIB Last Updated 2020-06-05T14:17:05Z
Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal menyebut aplikasi layanan Jaga Sumbawa Barat sebagai terobosan yang luar biasa
Sumbawa Barat (postkotantb.com)- Dalam silaturahmi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH bersama Gubernur dan Kejati NTB di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Jumat (5/6), Polres Sumbawa Barat meluncurkan aplikasi "Jaga Sumbawa Barat".

Aplikasi berbasis android tersebut untuk mempercepat pelayanan Polres kepada seluruh masyarakat KSB.

Inovasi yang dilakukan Polres KSB ini mendapat pujian dari Kapolda, karena dirasa sangat bermanfaat dan akan mempercepat pelayanan kepada warga.

"Ini sangat luar biasa, dengan adanya aplikasi ini masyarakat akan benar-benar merasakan kehadiran polisi," kata Kapolda saat launching aplikasi Jaga Sumbawa Barat di Taliwang.

Aplikasi "Jaga Sumbawa Barat" akan mempercepat pelayanan dan pertolongan kepada masyarakat serta memberikan perlindungan dan tanggap yang cepat oleh anggota Polres.

Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang sudah disediakan. Kelebihannya yakni seluruh pelayanan yang disediakan dalam aplikasi dapat dilakukan di manapun berada.

"Masyarakat dapat mendapatkan pelayanan dimanapun berada hanya bermodal handphone android dan menginstal aplikasinya," jelas Kapolres melalui PS Paur Subbag Humas Bripka Mayadi Iskandar.

Aplikasi ini memiliki delapan fitur dan tiga layanan utama yaitu pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan bantuan kepolisian yang bersifat emergency.

Selain itu, di dalam aplikasi juga memiliki fitur seperti permintaan surat izin keramaian, dan laporan polisi.

"Warga dapat melaporkan baik itu laporan gangguan Kamtibmas atau bencana alam melalui aplikasi tersebut," katanya.

Selain meluncurkan aplikasi, Kapolda bersama rombongan juga meletakan batu pertama pembangunan gedung pelayanan dan comen center.

Gedung tersebut akan dibangun dua tingkat dan pembangunannya direncanakan rampung pada akhir 2020.

Di dalam gedung pelayanan nantinya akan berisi ruang tunggu pelayanan SKCK, ruang SPKT, ruang kehilangan, ruang sidik jari, ruang pelayanan dan tempat bermain anak.

Di lantai dua akan diperuntukan sebagai ruang rapat dan comen center. Gedung akan difungsikan sebagai pusat pelayanan dan pusat pemandu Polres KSB.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini