-->

Pasien Covid-19 di KLU Sembuh Capai 94 Persen

, Tuesday, June 16, 2020 WIB Last Updated 2020-08-17T12:22:10Z

Sekda KLU H. Suardi melepas kepulangan pasien Corona yang sembuh, Senin, 15 Juni 2020
Lombok Utara (postkotatb.com)- Koordinator Humas/juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Lombok Utara, Evi Winarni, M.Si., dalam keterangannya, Selasa, (16/6) mengungkapkan, Angka kesembuhan Pasien Dalam Perawatan (PDP) terjangkit Covid – 19  di Kabupaten Lombok Utara (KLU) menunjukkan tren positif, sebab jumlah PDP yang masih dalam isolasi menyisakan 2 orang. Jumlah itu merupakan yang terendah di NTB.  sejak PDP pertama kali dirawat hingga Senin, 15 Juni 2020, jumlah pasien sembuh mencapai 94 persen.

“Sampai hari ini (kemarin), masih 2 orang positif. Total positif di Lombok Utara 45 orang, sembuh 42 orang, masih dirawat 2 orang, dan meninggal 1 orang,” ujarnya.

Pasien yang masih dalam perawatan tersebut adalah warga dari Desa Pemenang Barat dan Desa Teniga. Keduanya masih akan menunggu hasil swab kedua yang dijadwalkan pada pekan ini. Hingga saat ini, keduanya juga berada di bawah pengawasan petugas medis RSUD KLU.
Evi menyebut, hingga Senin kemarin jumlah warga yang melalui proses rapid diagnostic test (rdt) seluruhnya sejumlah 2.936 orang. Dari angka itu, ditemukan reaktif 171 orang dan reaktif 2.765 orang. 

“Hingga saat ini, ketersediaan alat RDT di Dikes KLU sejumlah 2.934 set,” imbuhnya.

Seluruh pasien reaktif telah ditangani kebutuhan logistiknya oleh Pemkab Lombok Utara dengan acuan alokasi logistik per 2 minggu. Jika pada hari ke-15 warga PDP masih belum sembuh atau reaktif naik status menjadi PDP, maka Satgas melalui Dinas Sosial KLU akan memberi kembali logistik untuk kebutuhan 2 minggu berikutnya.

“Satgas Covid -19 Kabupaten Lombok Utara berterima kasih kepada donatur dan lembaga atas sumbangan yang diberikan kepada warga Lombok Utara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekda KLU, Drs. H. Suardi, MH., berkesempatan melepas kepulangan pasien Covid yang sembuh ke kediamannya masing-masing. Jumlah PDP sembuh yang dipulangkan 4 orang. “Alhamdulillah, kita melepas empat orang yang sudah sembuh. Kini tinggal dua orang, menunggu hasil swab terakhir. Harapan hasil swabnya negatif, sehingga bisa kita pulangkan pula,” tuturnya.

Terkait dengan persiapan new normal (kenormalan baru), Sekda Suardi berpesan kepada masyarakat KLU untuk berkehidupan sehari-sehari secara normal bergaul, silaturahmi, tentu dengan memperhatikan betul tata cara protokol Covid-19. Pihaknya mengimbau pula untuk memelihara kesehatan masing-masing, terutama dengan makanan yang bergizi, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Mari kita sama-sama menuju hidup normal,” ajaknya. (Eka)

Komentar

Tampilkan

Terkini