-->

Gubernur Serahkan Bantuan Mesin dan Alat Kantor Produksi Buatan Lokal ke Masyarakat

, Thursday, August 27, 2020 WIB Last Updated 2020-08-31T07:41:40Z
Gubernur Serahkan Bantuan Mesin dan Alat Kantor Produksi Buatan Lokal ke Masyarakat

Lombok Barat (postkotntb.com) – Geliat industrialisasi di Provinsi NTB semakin menunjukkan perkembangannya. Hal ini dibuktikan dari peningkatan jenis alat dan mesin yang mampu diproduksi oleh putra-putri NTB dari hari ke hari.
Secara langsung, mesin-mesin buatan lokal ini diserahkan kepada masyarakat, bertempat di STIPark NTB di Banyumulek Kabupaten Lombok Barat, Kamis, 27 Agustus 2020. Bahkan, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang turut menyerahkan bantuan mesin tersebut begitu optimis akan masa depan industrialisasi di NTB.
Dalam kesempatan ini, Bang Zul sapaan akrabnya, mengajak masyarakat NTB untuk mencontoh strategi yang dilakukan berbagai negara maju dalam sektor industrinya. Menurutnya, keberanian dalam mengambil langkah pertama di dalam menempuh perjalanan yang amat panjang sangatlah penting.
“Salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan kita belajar teknologi lebih cepat. Disangkanya belajar industri itu sederhana, rupanya tidak gampang kalau tidak ada keberanian untuk mengawali dengan langkah pertama,” ucap Bang Zul.
Hadirnya permesinan juga dinilai sebagai langkah awal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun tak dipungkiri, akan terdapat banyak kekurangan dalam produksi mesin itu sendiri. Namun, hal ini justru akan menjadi awal dari perbaikan-perbaikan dalam proses penyempurnaan di masa-masa yang akan datang.
“Tidak ada teori industrialisasi yang tidak dimulai dari industri permesinan. Jadi industrialisasi itu harus dimulai dari permesinan dan Alhamdulillah di NTB kita mulai lakukan,” terang Bang Zul.
Selain itu, kehadiran pemerintah berperan penting dalam menyediakan pasar bagi industri permesinan tersebut. Ia begitu yakin, putra-putri Indonesia, khususnya NTB apabila diberikan kesempatan maka akan menunjukkan kemampuannya yang luar biasa.
“IKM/UKM NTB itu luar biasa, jangankan mesin-mesin perontok bulu ayam yang simple, mesin motor listrik, mobil listrik pun dan yang lain-lain, Insya Allah akan bisa kita hasilkan di NTB,” imbuhnya.
Hadirnya industri permesinan juga tak sontak membuat sektor pertanian, peternakan dan yang lainnya menjadi terlupakan. Justru dengan adanya mesin, produktifitas yang semulanya sedikit karena dilakukan manual akan menjadi lebih banyak dengan bantuan mesin.
“Bukan berarti kita mementingkan industrialisasi terus melupakan pertanian, peternakan, perikanan dan lain-lain. Justru sebaliknya, dengan adanya industri permesinan ini Insya Allah kita akan meningkatkan produktifitas disektor yang lain,” jelas Bang Zul.
Ia kemudian mengajak masyarakat agar turut mendukung dan menggaungkan industrialisasi di NTB. “Industrialisasi bukan proses yang gampang, ini butuh waktu dan hanya dengan kesabaran ini niscaya akan hadir di masa yang akan datang,” harapnya.(RZ)

Komentar

Tampilkan

Terkini