Presisi Rilis Hasil Survei Pilkada KLU, Joda Unggul Jauh Dari Nadi

Direktur Eksekutif Presisi Darwan Samurdja memberikan keterangan pers hasil survei Presisi di Pilkada Lombok Utara. Presisi memenangkan pasangan Joda dengan tingkat elektabilitas mencapai 51,36 persen jauh meninggal kan pasangan Nadi yang mencapai 34,09 persen. 

Mataram (postkotantb.com)- Lembaga survei Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) merilis hasil survei untuk pilkada Kabupaten Lombok Utara. Dari hasil survei yang di rilis, pasangan Djohan Samsu-Danny Karter (Joda) unggul jauh atas pasangan Najmul Akhyar-Suardi (Nadi).


Elektabilitas Pasangan Joda cukup tinggi yakni mencapai 51,36 persen sementara pasangan Nadi hanya meraih 34.09 persen dan swing voters sebesar 14,55 persen.


Adapun metode survei yang di gunakan adalah multistage random sampling dengan 440 koresponden yang di lakukan secara tatap muka dengan memberikan pertanyaan quesioner. Sementara margin eror dalam survei ini sebesar 4,8 persen.


Direktur Eksekutif Presisi Darwan Samurdja saat menggelar jumpa pers di Hotel Idoop Mataram, Kamis (3/11) mengatakan ada beberapa indikator yang membuat elektabilitas pasangan Joda cukup tinggi yakni swing voters/Undecide Voters yang kecil hanya sebesar 14,55 persen, Kepuasan terhadap kinerja Najmul Ahyar cukup rendah, Loyalis pasangan Joda cukup tinggi serta kepercayaan masyarakat Joda mampu menyelesaikan masalah di KLU juga cukup tinggi.


Selain itu dari temuan survei juga pasangan Joda menang di empat kecamatan di KLU. 


"Jadi sejumlah indikator memenangkan pasangan Joda, kepuasan masyarakat terhadap kinerja pasangan Najmul Akhyar-Syarifuddin cukup rendah, dan masyarakat lebih percaya pasangan Joda lebih bisa mengatasi persoalan yang terjadi Lombok Utara," jelas Darwan.


Adapun tingkat kepuasan terhadap kinerja Najmul Akhyar tidak mencapai 50 persen, dengan rincian Sangat Puas sebesar 13,10, Cukup Puas 47,20 persen, kurang puas 29,20 persen, tidak puas 4,50 persen dan responden yang tidak tahu/tidak menjawab 5,50 persen.


Sementara Ketua DPC Gerindra KLU sekaligus anggota DPRD NTB Sudirsah Sujanto menyambut positif hasil survei yang di rilis oleh Presisi. Sudir menyatakan hasil survei Presisi tidak jauh dengan hasil survei Internal Partai Gerindra dan desk pilkada pasangan Joda.


"Kami memang meyakini pasangan Joda menang di Pilkada KLU, hasil survei yang di rilis oleh Presisisi juga sama dengan hasil di internal kita," pungkas Sudirsah.(RZ)