Komisi I Minta Dewan Berhemat

Anggota Komisi I DPRD NTB, H. Najamudin Mustofa

Mataram (postkotantb.com)- Anggota Komisi I DPRD NTB, H. Najamudin Mustofa meminta agar para anggota DPRD NTB untuk melakukan penghematan anggaran.

Permintaan tersebut disesuaikan dengan pandemi Covid 19 serta cuaca ekstrim, baik di NTB, maupun secara nasional. Apabila ada hal bersifat urgen, secara kelembagaan, DPRD NTB dapat mengirim perwakilan. Diprediksi, lebih dari 50 persen anggota dewan, tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

"Situasi sekarang sudah tidak bersahabat. Dana untuk perjalanan itu bisa dibicarakan. Karena banyak yang tidak kita pakai. Meskipun sudah ditetapkan, tapi kalau tidak kita pakai ya percuma. Di periode berikutnya dia akan menjadi Silpa. Nanti bisa dianggarkan lagi. Kita mulai menghematlah," ungkapnya, Senin (8/2).

Di sisi lain, dia mengkritisi peraturan Presiden (perpres) RI Nomor 33 tentang standar harga regional. Perpres yang mengatur besaran uang perjalanan dinas dalam negeri yang dilakukan dewan, menurutnya harus ada perbaikan.

Dia berharap agar pemerintah pusat dapat mempertimbangkan dan mengevaluasi perpres tersebut. Karena, berkuranya anggaran, dapat berpengaruh terhadap kinerja di lingkungan legislatif. "Pengurangannya besar sekali. Aturan itu harus diperbaiki juga oleh Presiden. Kami tidak kecewa dengan aturan itu," tandasnya.(RIN)