Sukseskan Program 100 Hari Kerja, Pemda Luncurkan E-Tourism Go Mandalika

Bupati Loteng HL. Pathul Bahri saat zoom meting dengan Kemenparekraf RI, bapak Sandiaga S. Uno

Lombok Tengah (Poskotantb.com) - Mensukseskan program 100 hari kerja, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng), meluncurkan program E- Tourism Go Mandalika.

Peresmian Go Mandalika tersebut, langsung dilakukan Bupati Loteng HL. Pathul Bahri, Senin (15/03). Peluncuran program E- Tourism bertempat di Ballroom Kantor Bupati Loteng. Acara berlangsung dengan dua jenis pelaksanaan, yaitu daring melalui layanan Zoom Meeting, dan luring di lokasi. Acara ini dihadiri oleh bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, bapak Sandiaga S. Uno; Bupati Loteng, H. Lalu Pathul Bahri, Sekretaris Daerah Loteng, HL. Idham Halid, Kedis Pariwisata Provinsi NTB HL. Faozal, Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Loteng H. Lendek Jayadi, praktisi pariwisata nasional Taufan Rahmadi, dan sejumlah insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Loteng. 

Dalam pidatonya Bupati Loteng HL. Pathul Bahri mengatakan,  program Go Mandalika adalah sebuah media informasi pariwisata khusus Loteng. Dimana program ini bagian dari ikhtiar pemerintah dalam mempromosikan dan membangkitkan kembali pariwisata di Loteng.

Di Go Mandalika ini, selain terdapat informasi destinasi wisata yang ada di Loteng, juga menyajikan informasi tentang perkembangan persiapan penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2021. 

Hal ini agar gaung event ini terus terdengar di masyarakat dan calon wisatawan. "Banyak yang bisa diakses dalam program E- Tourism Go Mandalika ini," kata orang nomor satu di Loteng ini.

Selain itu, Go Mandalika juga menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menyajikan informasi bisnisnya masing-masing, dan mengambil peluang mendapatkan pasar yang luas, melalui layanan Direktori Bisnis, yang beralamat di https://direktori.gomandalika.com

Go Mandalika juga menyajikan konten-konten berupa foto, video, dan informasi, yang bersifat open license, sehingga pengunjung dapat mengambil konten-konten tersebut dan menggunakannya untuk berbagai tujuan. 

Hal ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Loteng kepada masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, menyediakan konten promosi pariwisata daerah.

Selain itu lanjutnya, Go Mandalika juga menyajikan layanan kontribusi, di mana pengunjung dapat ikut memberikan sumbangsih produksi konten dan informasi, yang dapat diolah menjadi bahan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Loteng.

"Program Go Mandalika ini masuk dalam program 100 hari kerja pertama Pathul-Nursiah, dan berharap menjadi media kolaborasi antar insan pariwisata di Loteng," ungkapnya. 

Sementara itu, melalui daring layanan Zoom Meeting, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, DR. H. Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa Go Mandalika akan menjadi platform yang lebih mudah dipahami untuk penyempurnaan adaptasi strategi pengembangan pariwisata. “Hari ini kita memiliki Go Mandalika.com, dan ini adalah pengalaman dari perjalanan berwisata bagi perilaku wisata yang akan lebih dipahami untuk menyempurnakan adaptasi strategi pengembangan pariwisata di Loteng dan Mandalika ke depan masa mendatang,” tandas Menparekraf. “saya ingin online platform ini menjadi sarana untuk mendapatkan informasi pariwisata,” pungkasnya.

Di kesempatan terpisah, pemerhati pariwisata nasional Taufan Rahmadi menyampaikan bahwa Go Mandalika ini adalah terobosan yang patut diapresiasi sebagai bentuk keseriusan Loteng dalam mempersiapkan Mandalika dan Loteng sebagai destinasi pariwisata super prioritas. 

Taufan Rahmadi juga menyampaikan bahwa program E-Tourism Go Mandalika ini selaras dengan kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang menekankan kemampuan adaptasi terhadap kondisi dan situasi, serta adaptasi terhadap penggunaan teknologi digitals. (AP)